Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Penyebab Smartphone Cepat Panas

Sumber : smartphone-informasi.blogspot.com


Masalah panas pada gadget smartphone sudah biasa dan umum dikeluhkan para penggunanya. Smartphone mirip dengan laptop. Hanya saja jika laptop mempunyai kipas pendingin (heatsink and fan) sedangkan smartphone tidak. Nah, jika panas terus-terusan dialami oleh smartphone, hal ini bisa mengakibatkan kerusakan terutama pada perangkat keras atau hardwarenya. Jika panas sudah melebihi rata-rata alias sudah di ambang batas atau bisa dikatakan sudah panas sekali, hal ini bisa mengakibatkan ledakan pada smartphone. Nah, anda semua harus tahu penyebab smartphone bisa cepat panas. Di sini saya akan memberitahu anda semua tentang penyebab smartphone cepat panas.





Penyebab Smartphone Cepat Panas


1. Kinerja Smartphone yang Berlebihan
Kita sering menggunakan smartphone berlama-lama dan memaksa aplikasi-aplikasi yang kita jalankan untuk bekerja keras. Hal ini dapat melemahkan dan merusak CPU dan RAM smartphone.


2. Penggunaan Smartphone pada Tempat yang Panas

Anda pasti pernah menggunakan atau bermain-main dengan smartphone di bawah terik sinar matahari yang panas. Hal ini bisa mengakibatkan smartphone anda cepat panas. Karena panas matahari akan masuk ke port-port yang ada di smartphone dan menuju ke CPU. Karena telah masuk ke CPU, maka CPU pun menjadi panas. Jika CPU panas, maka seluruh badan smartphone akan ikut panas.


3. Tidak Menonaktifkan Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Kita sering membuka aplikasi-aplikasi internet seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya. Saat sudah selesai digunakan, kemudian kita langsung keluar saja tanpa Sign Out atau Log Out dari aplikasi tersebut. Hal ini jika dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatkan baterai boros dan membuat smartphone cepat panas. Kenapa? Karena meskipun anda sudah keluar dari aplikasi, status aplikasi tersebut masih akif atau nyala.


4. Banyak Debu yang Masuk ke Lubang-lubang Kecil di Smartphone

Banyak debu yang masuk ke saluran atau lubang-lubang kecil di smartphone. Jika sudah masuk, ini bisa menyumbat saluran lubang tempat keluar masuknya suhu udara smartphone. Jika sudah tersumbat, maka suhu udara yang akan dikeluarkan oleh smartphone tidak bisa keluar karena tersumbat oleh debu-debu yang menutupi lubang-lubang kecil smartphone.


5. Kualitas Baterai yang Tidak Bagus

Sebaiknya tetap gunakan baterai asli dari produk smartphone tersebut. Jangan sembarangan menggunakan baterai. Penggunaan baterai smartphone yang tidak tepat akan merusak smartphone anda. Gunakanlah baterai dengan kualitas yang baik. Baterai dengan kualitas tidak baik, biasanya jika dipasang di smartphone akan cepat habis dan baterainya memanas. Jika baterai memanas, seluruh badan smartphone juga ikut panas.













Itulah artikel yang berjudul 'Penyebab Smartphone Cepat Panas' yang dapat saya sampaikan. Mungkin ada yang mau menambahkan? Jika ada, sampaikan saja lewat komentar. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda. Sudah mampir, jangan beranjak pergi dulu, bagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Lihat juga artikel-artikel menarik lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Terimakasih atas perhatian anda.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Penyebab Smartphone Cepat Panas"

Min apakah memainkan handphone sambill di charger juga merupakan salah satu faktor yang dapat membuat hp cepat panas?

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger