Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Faktor Pengaruh Kecepatan Akses Internet

Faktor Pengaruh Kecepatan Akses Internet

Kembali lagi dengan blog Multimedia Teknologi. Kali ini penulis blog kembali hadir menyapa anda untuk mengupdate sebuah artikel setelah 2 minggu lamanya blog ini tidak mempost artikel. Mungkin sudah ada ketahui sendiri bahwa penulis utama blog ini dilanda kesibukan belajar dalam menghadapi Ujian Nasional pada bulan Mei yang akan datang. Seperti yang sudah saya katakan pada artikel sebelumnya.

Kali ini, saya akan membahas suatu topik yang berkaitan dengan internet. Sesuai judul di atas, kali ini saya akan memberikan beberapa poin yang mengupas faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Artikel ini saya dapatkan dari rangkuman buku pelajaran TIK saya. Oke, basa-basinya cukup. Sekarang, kita melangkah ke materi.

Dalam praktiknya, kecepatan akses yang diperoleh user/pengguna ketika menggunakan internet adalah tidak mutlak sama dengan kecepatan yang ditawarkan oleh ISP (Internet Service Privider). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Silahkan simak dan pelajari dengan baik materi yang akan saya sampaikan.







Faktor Pengaruh Kecepatan Akses Internet



1. Media Transmisi
Faktor pertama yang dapat mempengaruhi kecepatan akses internet adalah media transmisi. Apa saja media trnasmisi yang dapat mempengaruhi kecepatan akses internet tersebut? Oke, silahkan simak dan pelajari materi berikut.

a. Bahan perantara yang digunakan untuk menghubungkan komputer, baik komputer dengan komputer dalam jaringan LAN, komputer ke ISP, dan ISP ke internet. Misalnya hubungan yang menggunakan gelombang radio tentu lebih cepat dibandingkan menggunakan kabel serat optik dan transmisi melalui kabel serat optik lebih cepat dibandingkan melalui kabel tembaga.

b. Jarak user ke server. Semakin jauh jarak antara user dan server, maka waktu yang diperoleh untuk memperoleh akses juga semakin lama.

c. Ketiga adalah cara penyambungan internet. Sambungan internet dengan cara dial-up adalah penyambungan melalui jalur telepon rumah. Umumnya, kecepatan akses sinyal telepon adalah 56 Kbps. Sedangkan penyambungan internet dengan cara wireless/broadband dapat memberikan akses yang lebih cepat, yaitu sekitar 50-90 Kbps.


2. Kecepatan Jaringan
Kecepatan jaringan ditentukan oleh jenis topologi jaringan yang digunakan dan kemampuan dari NIC (Network Interface Card) atau biasa disebut dengan LAN Card. Jaringan yang menggunakan topologi ring memiliki kecepatan akses yang lebih lambat dibandingkan dengan topologi star. Kemampuan NIC/LAN Card bervariasi mulai dari 10 Mbps (slow ethernet), 100 Mbps (fast ethernet), sampai Gbps (super fast ethernet).


3. Banyaknya User
Satu buah server dapat digunakan atau diakses oleh beberapa user. Jika banyak user yang mengakses satu server pada waktu yang bersamaan, kecepatan akses jaringan akan dibagi rata kepada semua user, sehingga semakin banyak user yang mengakses satu server, maka kecepatan akses pun makin rendah (tergantung dari banyaknya user yang mengakses).


4. Besarnya Bandwidth
Bandwidth merupakan kecepatan maksimum yang dapat digunakan untuk melakukan transmisi data antar komputer pada suatu jaringan, misal jaringan internet. Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone internet berpengaruh pada kecepatan akses internet yang diterima oleh pelanggan. Semakin besar bandwidth yang dimiliki, maka semakin besar kecepatan akses yang diterima.


5. Kecepatan Server
Kemampuan dan kecepatan server akan berpengaruh pada kecepatan akses internet yang dapat dinikmati oleh user/pengguna. Semakin cepat server tersebut, maka kecepatan akses internet semakin cepat pula.


6. Cuaca
Faktor terakhir yang tidak boleh luput dari perhatian adalah cuaca. Cuaca memang tidak terlalu berpengaruh pada kecepatan akses internet. Ya, bisa dibilang hanya sekitar 20% saja pengaruhnya. Namun hal ini jelas-jelas tidak boleh dianggap biasa saja. Sebagai contoh antara cuaca panas dan cuaca dingin (hujan). Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya sendiri. Begini ceritanya. Saat itu saya sedang mengakses internet pada siang hari dalam cuaca yang sangat panas dengan kecepatan akses 468 Kbps. Kemudian beberapa waktu kemudian, cuaca berubah yang dari panas menjadi mendung dan akhirnya turun hujan. Seketika itu, saya langsung mengecek kecepatan akses internet modem saya. Begitu terkejutnya saya ketika melihat grafiknya yang turun drastis. Disana menunjukkan kecepatan akses 26 Kbps. Nah, begitulah pengalaman saya. Memang cuaca dapat dimasukkan menjadi faktor pengaruh kecepatan akses internet.


















Demikianlah artikel yang berjudul 'Faktor Pengaruh Kecepatan Akses Internet' yang dapat saya sampaikan. Ada 6 faktor yang dapat saya sampaikan dan bagikan. Sepertinya masih ada beberapa faktor lagi. Mungkin ada yang mau menambahkan? Bagi anda yang mau menambahkan, silahkan sampaikan saja lewat komentar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua yang membutuhkan. Sudah mampir jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan berkomentar dan membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Mohon maaf, anda tidak diperbolehkan mengcopy-paste artikel ini. Lihat artikel-artikel lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian dan terimakasih.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Faktor Pengaruh Kecepatan Akses Internet"

Owh, jadi seperti itu ya. Makasih atas artikelnya gan. Ijin copy buat tugas TIK sekolah.

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger