Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Sejarah Internet Service Provider di Indonesia

Sejarah Internet Service Provider di Indonesia


Bertemu dengan blog Multimedia Teknologi. Kali ini penulis kembali hadir dengan memberikan sebuah artikel yang mengupas 'Sejarah Internet Service Provider di Indonesia'. Baca juga : Kriteria Pemilihan Internet Service Provider. Artikel ini saya buat berdasarkan sumber yang saya dapatkan dari buku paket pelajaran TIK kelas 9 SMP dan Wikipedia.

Sebelumnya saya mau tanya pada anda semua. Apa itu ISP? Mungkin dari anda semua yang membaca artikel ini sudah ada yang tahu mengenai ISP dan ada yang belum tahu mengenai SIP. Oke, akan saya berikan penjelasan singkatnya. ISP adalah sebuah perusahaan/organisasi penyedia jasa akses layanan internet. Cukup itu saja pengertian dari ISP. Karena anda sudah tahu pengertiannya, maka langsung saja anda simak sejarahnya, yaitu 'Sejarah Internet Service Provider di Indonesia'. Akan saya berikan cuplikan sejarahnya secara singkat saja agar anda benar-benar bisa menangkap isi bacaan dengan mudah, selain itu kalau saya tulis panjang-panjang, tangan saya bisa pegal dan capek, hehehehehe.






Sejarah Internet Service Provider di Indonesia


Internet Service Provider (ISP) pertama kali di Indonesia adalah IPTEKNET (http://www.iptek.net.id/) yang beroperasi penuh menjelang awal 1994. Pada tahun yang sama, PT. IndoInternet (http://www.indo.net.id/) atau IndoNet yang dipimpin secara part-time oleh Sanjaya mulai berperasi. IndoNet merupakan ISP komersial pertama di Indonesia yang pada awalnya memanfaatkan lisensi dari PT. Lintas Arta. Sambungan awal ke internet oleh IndoNet dilakukan menggunakan metode dial-up. IndoNet berlokasi di daerah Rawamangun, di kompleks dosen Universitas Indonesia. ISP yang tidak lama menyusul IndoNet adalah RadNet (http://www.rad.net.id/).

Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia, seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di Amerika Serikat, maka pemakai internet di Indonesia bisa akses internet (HTTP).

Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu dan lainnya saling menunjang membuahkan masayarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama, seperti warta-e-commerce@groups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id, dan i2bc@egroups.com.


SELESAI
















Itulah cuplikan singkat mengenai 'Sejarah Internet Service Provider di Indonesia' yang dapat saya informasikan. Dengan membaca sejarah ISP di Indonesia, maka tentu pengetahuan anda mengenai TIK bertambah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan. Bila ada pertanyaan, silahkan tanyakan saja lewat komentar. Bila anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media yang letak tombol sosmednya ada di bagian bawah postingan ini. Lihat artikel-artikel keren dan menarik lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian, terimakasih, dan sampai jumpa.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sejarah Internet Service Provider di Indonesia"

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger