Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Manfaat E-Mail

Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Manfaat E-Mail


E-mail (electronic mail) atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan "surel" (surat elektronik), adalah hal yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Dengan e-mail kita dapat mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat setelah e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikeluarkan hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan e-mail tersebut. Bagi para pengguna internet, e-mail menjadi hal yang sangat penting dalam berbagai urusan dan untuk mencapai segala kemudahan. Pada artikel sebelumnya, saya telah mempost artikel mengenai : Etika Mengirimkan E-Mail dan 3 Jenis Layanan E-Mail Kali ini, saya akan menyampaikan informasi mengenai pengertian, sejarah, fungsi, dan manfaat dari e-mail. Silahkan pelajari dan simak uraian berikut dengan baik dan seksama.


A. Pengertian atau Definisi E-Mail

Pengertian E-Mail

#Pengertian E-Mail Secara Umum dan Luas

Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah "electronic mail" dan sering disingkat dengan "e-mail" adalah surat yang berbentuk elektronik.


#Pengertian E-Mail Menurut Para Ahli
  • David Woole : E-mail sebagai sebuah media yang berfungsi untuk digital message (pesan digital).
  • Jasmadi & Solusindo : E-mail sebagai sarana mengirim pesan secara elektronik via internet. 
  • Tyas Vanessa : E-mail sebagai sebuah layanan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik. 
  • Smitdev Community & Ali Zaki : E-mail sebagai surat elektronik yang memungkinkan semua orang saling berkirim pesan via jaringan internet. 
  • John Roton : E-mail sebagai jembatan yang memudahkan orang banyak untuk melakukan aktivitas dan memperoleh informasi di media jejaring sosial. 
  • Indra Kertarajasa : E-mail sebagai sarana yang dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet. 
  • Erima Oneta dan Yosep : E-mail sebagai salah satu fasilitas yang ada di internet, menjadi salah satu fasilitas internet terpopuler dan yang pertama kali dikembangkan. E-mail menurut kedua ahli ini memiliki banyak fungsi yang hubungannya erat dengan kegiatan surat-menyurat melalui internet. 
Sumber : www.pengertianmu.com



B. Sejarah E-Mail

Sejarah E-Mail

Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara (termasuk Indonesia) menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah jarang memakai jasa pos lagi.

Sumber : http://sanguifiedbich.blogspot.com




C. Fungsi E-Mail

Fungsi E-Mail

1. Penggunaan e-mail memungkinkan data di kirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Kamu dapat mengirim file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya. kamu juga dapat mengirim e-mail ke beberapa orang sekaligus pada saat yang bersamaan.

2. E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau luar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.

3. Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkripsi, dan hanya orang yang tertuju dapat men-ekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).

Sumber : http://pheebles.blogspot.com/




D. Manfaat E-Mail

Manfaat E-Mail

1. Media Komunikasi
E-mail atau surat elektronik adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara personal atau umum (komunitas).

2. Media Pengiriman
Dengan e-mail anda bisa melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.

3. Efektif, Efisien, dan Murah
Melakukan pengiriman data melalui e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya, anda tidak perlu keluar rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan. Cukup melalui koneksi internet dan akun e-mail anda, pengiriman akan cepat sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.

4. Media Promosi
Jika anda memiliki usaha di internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk/jasa ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.

5. Media Informasi
Melalui e-mail, anda bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.

6. Membuat atau Mendatar Situs Sosial Media
Dengan e-mail anda bisa membuat atau mendaftar situs-situs jejaring sosial, seperti FacebookTwitterBlog, dan sebagainya.

Sumber : http://pengetahuanwawasanz.blogspot.com












Sumber : Buku paket TIK kelas 9 SMP dan situs-situs web di internet dengan pengubahan.

Demikianlah artikel mengenai "Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Manfaat E-Mail" yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan dan tentunya dengan menambah wawasan dan pengetahuan anda. Bila ada pertanyaan, silahkan anda bisa sampaikan lewat komentar atau buku tamu yang tersedia. Bila anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Lihat artikel-artikel menarik lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian, terimakasih, dan sampai jumpa.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Manfaat E-Mail"

E-mail merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Dengan e-mail kita dapat mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah.
Jangan lupa kunjungi website kami di http://www.atmaluhur.ac.id dan di blog 1722300001myblog.blogspot.com

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger