Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

3 Jenis Layanan E-Mail

3 Jenis Layanan E-Mail


Konsep e-mail sama dengan pengiriman surat melalui pos. Masing-masing orang mempunyai kotak pos sendiri dengan alamat tersendiri. Kita tinggal mengirimkan surat ke kotak pos tertentu dengan alamat tertentu pula. Kemudian si penerima akan membuka kotak posnya dan menemukan surat yang kita kirim. Demikian juga e-mail, masing-masing orang mempunyai alamat e-mail sendiri-sendiri. Jika kita ingin mengirimkan e-mail, kita tinggal mengirimkan ke alamat e-mail yang kita tuju. E-mail kita akan ditemukan ketika orang yang kita tuju tersebut masuk ke kotak e-mailnya. Dilihat dari layanan yang diberikan, ada tiga jenis e-mail yang digunakan saat ini, yaitu POP Mail, e-mail berbasis web, dan e-mail forwarding. Mari kita pelajari ketiga-tiganya tersebut pada uraian materi berikut.


a. POP Mail

POP Mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider (ISP) yang menjadi langganan kita. Kelebihan POP Mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dari internet. Setelah itu, kita dapat membaca satu per satu e-mail yang diterima. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan kembali komputer ke internet dan kemudian mengirimkan balasan e-mail yang sudah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses menjadi lebih murah.

Untuk mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan megirimkan balasannya, kita harus mempunyai progam client mail, seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express di komputer yang digunakan. Agar program itu dapat digunakan, kita harus melakukan pengaturan di program tersebut terlebih dahulu.

Kekurangan dari POP Mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin melakukannya di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang. Selain itu, jika kita menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya berdasarkan besar file yang didownload (bukan berdasarkan lama koneksi),  biaya yang dikeluarkan akan lebih besar.



b. Email Berbasis Web

E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo, Hotmail, Google Mail, dan lain-lain. Layanan e-mail jenis ini biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan. Ini merupakan kelebihan dari e-mail berbasis web. Selain itu, kita dapat mengecek e-mail dari mana saja.

Kekurangan dari e-mail jenis ini adalah kita dapat membaca e-mail hanya dalam kondisi online, sehingga membutuhkan biaya koneksi ke internet yang lebih besar. Walaupun demikian, beberapa website penyedia jasa layanan e-mail juga disertai dengan fasilitas POP3.



c. Email Forwarding

E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat e-mail yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka gonta-ganti alamat e-mail.

Kelebihan e-mail forwarding adalah kita dapat menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya. Selain itu, bila kita mengganti alamat e-mail, kita tidak perlu memberi tahu alamat e-mail yang baru. Kita cukup memberikan alamat e-mail forwardingnya.

Kekurangan e-mail jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan hanya meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain, e-mail tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.










Baca Juga : 

Sumber : Buku paket TIK kelas 9 SMP dengan pengubahan seperlunya.

Demikianlah artikel pembelajaran TIK mengenai "3 Jenis Layanan E-mail" yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan, tentunya dengan menambah wawasan dan pengetahuan anda, khususnya di bidang internet. Bila ada pertanyaan, anda bisa sampaikan lewat komentar atau buku tamu yang tersedia. Bila anda suka atau senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Lihat artikel-artikel keren dan menarik lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian, terimakasih, dan sampai jumpa.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "3 Jenis Layanan E-Mail"

Ijin copy artikel buat tugas TIK ya gan :D

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger