Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Pengertian dan Manfaat Internet

Pengertian dan Manfaat Internet

Bertemu dengan blog Multimedia Teknologi. Sesuai dengan judul di atas, kali ini penulis akan berbagi artikel mengenai pengertian dan manfaat internet. Sudah kita ketahui sendiri bahwa sekarang ini banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya 'internet'. Dari anak-anak sampai orang tua sudah tahu betul apa itu internet. Namun, sepertinya banyak pengguna internet yang belum mengetahui pengertian sebenarnya mengenai internet dan manfaat-manfaat internet.


Baca juga :


Sebagai pengguna internet, setidaknya anda harus tahu apa itu pengertiannya dan apa sajakah manfaatnya. Di kesempatan kali ini, saya sebagai penulis akan memberikan penjelasan mengenai internet serta manfaat internet. Sebenarnya artikel yang saya buat ini masuk ke dalam subbab pelajaran TIK kelas 9 SMP materi "Pengenalan Internet". Oke, langsung saja simak uraian berikut.






Pengertian Internet 


1. Pengertian internet secara luas : Internet (Inter-Connected Network) adalah sekumpulan jaringan yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi.

2. Menurut strauss, El-Ansary, Frost (2003, p8) : Internet adalah seluruh jaringan yang saling terhubung satu sama lain.

3. Menurut O'Brien (2003, p10) : Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara.

4. Menurut Allan (2005, p12) : Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu.






Manfaat Internet 


A. Media Komunikasi
Dengan adanya internet, orang semakin mudah mendapatkan informasi secara luas di dunia. Tidak hanya mudah saja, namun cepat dan murah dengan jangkauan global sehingga memiliki sifat efisien. Saat ini banyak sekali situs-situs berita di internet yang bermunculan, seperti Detik, Kompas, Tribun News, dan lain-lain. Kemudian ada TV streaming yang memungkinkan pengguna internet bisa menonton televisi secara langsung (online di internet).


B. Media Promosi
Empat puluh persen perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia saat ini sudah memanfaatkan jasa internet untuk memasarkan produk-produk mereka ke berbagai daerah di Indonesia sendiri, bahkan ada yang sampai merambah ke luar negeri. Misalnya memasarkan produk atau barang yang akan dijual dengan beriklan di situs jual beli online, seperti olx.co.id dan berniaga.com. Sehingga hal ini bisa dikatakan juga sebagai bisnis. Kekuatan internet untuk promosi sungguh sangat luar biasa karena dapat menjangkau calon pelanggan atau pembeli di mana pun berada tanpa batasan waktu dan wilayah.
 

C. Media Komunikasi Interaktif
Sebelum ada internet, orang-orang jaman dahulu menggunakan alat-alat tradisional untuk berkomunikasi secara interaktif. Namun semenjak internet diciptakan dan kemajuan dari segi teknologi yang berkembang pesat, internetlah sebagai media yang sangat bermanfaat, khususnya digunakan untuk berkomunikasi secara interaktif. Saat ini, perkembangan dunia komputer telah semakin maju dan merata. Dengan internet, orang dapat melakukan pertukaran informasi yang jauh lebih baik daripada jaman dahulu (sebelum adanya internet) yang masih menggunakan alat-alat tradisional untuk berkomunikasi. Contoh penggunaan internet sebagai media komunikasi interaktif adalah dengan adanya layanan-layanan seperti e-mail, Video Conference, IRC (Internet Relay Chat), dan Internet Phone.


D. Alat Research and Development
Ada beberapa keunggulan dalam pemanfaatan internet sebagai media riset. Dari segi konektivitas dan jangkauan global, pengaksesan data dan informasi melampaui batas-batas negara dan memungkinkan mendapatkan/mengakses informasi dari database dan perpustakaan yang lengkap di seluruh dunia dan juga berasal dari beraneka ragam sumber. Akses informasi di internet tidak dibatasi oleh waktu karena lingkupnya yang global. Dilihat dari kecepatan, bila dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui internet jauh lebih cepat karena bersifat real time. Kecepatan ini bisa dibandingkan, misalnya pencarian informasi secara elektronik melalui mesin pencari (search engine) dengan pencarian lewat katalog perpustakaan atau buku/majalah/jurnal di rak-rak perpustakaan. Selain kecepatan, kenyamanan juga akan didapatkan, karena peneliti lewat internet tidak harus menghadapai berbagai birokratis. Selain itu berbagai fitur yang dirancang khusus dan user-friendly sangat memudahkan peneliti mengakses berbagai situs internet. Kemudahan akses juga akan didapat dengan adanya dukungan fasilitas komputer yang terhubung ke internet baik itu di kampus, di warnet, maupun milik pribadi. Dibandingkan membeli jurnal asli, penelusuran informasi lewat internet jauh lebih murah. Apalagi banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma, serta akan lebih interaktif dan fleksibel jika topik dan hasil riset dapat didiskusikan melalui sarana di internet, misalnya mailing list atau chatting. Dengan itu, peneliti dapat mengikuti perkembangan terbaru atau meminta komentar dan penilaian dari berbagai pihak.


E. Media Pertukaran Data
Perkembangan teknologi web saat ini mengakibatkan pertukaran dan pengaksesan informasi dan pertukaran data semakin mudah dan cepat. Fitur dari pemanfaatan internet sebagai media pertukaran data ini adalah dengan fitur download (menyalin) dan upload (mengirim). Sangat bermanfaat sekali fitur tersebut. Kita bisa berbagi sesuatu kepada pengguna internet lainnya dengan mengupload suatu data ke internet, sehingga pengguna internet lainnya bisa mengetahui dan mendapatkan apa yang kita bagikan. Kemudian, kita juga bisa mendapatkan data-data dari internet dengan mendownload atau mengunduh suatu data yang dibagikan oleh pengguna lain di internet. Agar anda tidak bingung memahami kata-kata saya, saya akan berikan contoh dari fitur download dan upload ini. Misalnya saja, kita punya pengetahuan mengenai internet, contohnya sejarah internet. Kita bisa tuliskan sejarah internet ke dalam suatu dokumen, kemudian dokumen tersebut kita upload (kirim) ke media internet agar bisa didownload (diunduh/didapatkan) oleh pengguna internet lainnya. Misalnya lagi, kita sedang butuh video mengenai cara merakit komputer. Kita bisa mencari di situs video conference mengenai video cara merakit komputer. Kemudian video itu kita download agar kita bisa memilikinya. Nah, seperti itulah contoh pemanfaatan dari internet sebagai media pertukaran data.


F. Media Edukasi
Manfaat internet yang terakhir adalah internet sebagai media edukasi. Sudah kita ketahui sendiri bahwa dengan adanya internet, memungkinkan banyak situs-situs web yang setiap harinya terus meningkat jumlahnya. Ada banyak sekali situs-situs web yang tersebar di internet, yang diantaranya adalah berkategori edukasi, yaitu memuat segala hal yang berkaitan dengan pembelajaran. Di Indonesia sendiri, banyak sekali bermunculan website dan blog yang berisi pembelajaran atau edukasi, misalnya situs ini sendiri (Multimedia Teknologi). Dengan adanya situs edukasi, banyak sekali para siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan kalangan umum lainnya yang memanfaatkan sarana internet untuk belajar dan berdiskusi dalam hal pendidikan. 
















Demikianlah artikel mengenai 'Pengertian dan Manfaat Internet' yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Bila ada pertanyaan, masukan, saran, dan kritikan, bisa ditanyakan lewat komentar. Bila anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Mohon maaf, anda tidak diperbolehkan mengcopy-paste artikel ini. Lihat artikel-artikel lainnya di blog Multimedia Teknologi. Sekian dan terimakasih.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Pengertian dan Manfaat Internet"

bagus artikel nya mengenai internet , tambahin terus dong min info-info lainnya
mampir juga dilink sini gan perusahaan konsultan it buat nambahin info mimin aja

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger