Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Pengertian, Etika, Manfaat, dan Dampak Buruk Chatting

Pengertian, Etika, Manfaat, dan Dampak Buruk Chatting


Halo? Selamat datang di blog Multimedia Teknologi. Setelah beberapa minggu lamanya blog ini tidak meng-update artikel, nah pada kesempatan kali ini saya sebagai penulis kembali muncul di depan anda semua dengan memberikan sebuah artikel mengenai "Pengertian, Etika, Manfaat, dan Dampak Buruk Chatting". Saya tulis artikel ini dengan melihat sumber yang ada pada buku pelajaran TIK kelas 9 SMP dan sumber lainnya saya ambil dari sebuah blog saat saya searching di internet dengan pengubahan seperlunya. Oke, langsung saja simak uraian berikut untuk mengetahui pengertian, etika, manfaat, dan dampak buruk chatting.


Chatting merupakan media komunikasi yang umumnya digunakan oleh anak muda dengan berbagai tujuan. Manfaat yang dapat kita peroleh melalui chatting , antara lain bertambahnya sahabat atau teman baik dalam negeri maupun luar negeri, belajar bahasa asing jika orang atau teman chatting kita berasal dari luar negeri, serta bertambahnya pengetahuan karena banyak orang berwawasan luas menggunakan media ini. Lalu apa pengertian dari chatting?. Apa saja etika, manfaat, dan dampak buruk dari chatting? Pelajari dengan baik uraian materi berikut agar kalian memahami tata cara penggunaan media ini.




Pengertian Chatting 

Chatting adalah suatu fitur/program dalam internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai internet yang sedang online (yang sedang aktif menggunakan internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

Sumber : http://sari-rahmadhanixi.blogspot.com/2011/11/pengertian-chatting.html




Etika Chatting 

Chatting adalah berkomunikasi dengan orang lain. Sama seperti komunikasi kita sehari-hari, chatting juga mempunyai etika yang harus dijaga. Beberapa etika chatting yang perlu kita perhatikan adalah sebagai berikut.

a. Gunakanlah bahasa yang sopan, kata-kata yang kurang sopan dan kasar menyebabkan kita dikeluarkan dari channel oleh operator channel.

b. Jangan melakukan spam atau mengirimkan informasi yang tidak penting secara terus-menerus kepada orang lain. Hal tersebut dapat menyebabkan orang lain merasa terganggu.

c. Gunakanlah huruf besar seperlunya sesuai keadaan.

d. Jangan menggunakan warna yang menyolok.

e. Jika orang lain menagajak kita berbicara tentang topik yang tidak kita suka, tolaklah dengan halus atau alihkan pembicaraan ke topik lain.

f. Hindari pertengkaran atau perdebatan yang sengit. Kita chatting untuk mencari teman dan menyenangkan diri, bukan mencari lawan dan membuat stress.

g. Jika kita mendapatkan kata-kata kasar atau tidak senonoh, sebaiknya kita tidak usah melayani lagi dengan kata-kata yang sama.




Manfaat Chatting

Chatting membuat komunikasi kita berjalan lancar karena bersifat real time dan berbiaya murah. Ada beberapa manfaat chatting yang dapat kita peroleh, antara lain sebagai berikut.

a. Sarana mudah dan murah.
b. Berhubungan dengan para pakar.
c. Mengetahui isi buku.
d. Mendapatkan teman baru.
e. Sarana belajar dan berdiskusi.




Dampak Buruk Chatting

Chatting dapat menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati agar terhindar dari pengaruh negatif chatting. Beberapa dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh chatting adalah sebagai berikut.

a. Mengobrol yang tidak senonoh.
b. Komputer mudah terkena virus,
c. Rematik dan otot pegal karena terlalu banyak duduk.
d. Maniak chatting,
e. Berhubungan dekat dengan orang yang tidak jelas.

















Demikianlah artikel mengenai 'Pengertian, Etika, Manfaat, dan Dampak Buruk Chatting' yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Bila ada pertanyaan, masukan, saran, kritik, komentar, dan lain sebagainya bisa anda tanyakan lewat komentar atau buku tamu. Bila anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Lihat koleksi artikel milik blog Multimedia Teknologi. Sekian dan terimakasih.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Pengertian, Etika, Manfaat, dan Dampak Buruk Chatting"

Cara agar mencegah dampak buruk dari chattingan itu apa ya min? Mohon informasi nya ya min Thanks

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger