Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Memahami Kecepatan Transfer Data

Bertemu dengan blog Multimedia Teknologi, kali ini penulis akan berbagi ilmu kepada para pembaca artikel semua mengenai pemahaman kecepatan transfer data. Materi ini saya dapatkan dari buku paket pelajaran TIK kelas 9. Saya akan jelaskan materi ini dengan singkat namun jelas. Baik, langsung saja kita melangkah ke materi.

Pernahkah anda mengalami peristiwa kian lambatnya kecepatan pada saat mengakses internet baik melalui komputer pribadi (PC) atau komputer di warnet? Kecepatan akses internet sangat berpengaruh pada kecepatan suatu data dapat ditampilkan atau di-download. Materi berikut akan membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan kecepatan akses internet, khusus untuk satuan data yang digunakan.

Dalam suatu jaringan, komputer berkomunikasi dengan mengirimkan paket-paket data dari satu komputer ke komputer lainnya. Kecepatan transfer data adalah banyaknya paket data yang dapat dikirim atau diterima komputer setiap satu satuan waktu. Satuan kecepatan transfer data adalah bps (bits per second), misalnya satu karakter data diawali dengan 1 bytes atau 8 bits. Untuk mengirimkan data, komputer akan menambahkan 1 bit di akhir data, sehingga setiap karakter diwakili 10 bits. Jika kecepatan suatu modem 28.000 bps, berarti modem tersebut dapat melewatkan data sebanyak 2.800 (yaitu 28.000/10) karakter setiap detik. Kecepatan transfer data beserta aplikasinya ditunjukkan pada tabel berikut.
 

Tabel Kecepatan Transfer Data 

Tabel Kecepatan Transfer Data


Dalam komputer dikenal satuan bit, yaitu binary digit atau angka biner. Jadi, 1 bit sama dengan 1 karakter/huruf dalam sistem bilangan biner. Suatu paket data biasanya terdiri dari beberapa bit tergantung sistem yang digunakan.

Secara umum, satuan paket data yang sering digunakan dalam komputer adalah sebagai berikut
  • 1 byte = 8 bit = 1 karakter
  • 1 KB = 1 kilobytes = 210 bytes = 1.024 bytes
  • 1 MB = 1 Megabytes = 220 bytes = 1.048.576 bytes
  • 1 GB = 1 Gigabytes = 230 bytes = 1.073.741.824

















Itulah materi mengenai pemahaman kecepatan transfer data yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Sudah jelaskah anda semua? Bila ada yang belum jelas, tanyakan saja lewat komentar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan. Bila anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media yang letak tombol sosmednya ada di bagian bawah postingan ini. Lihat artikel-artikel lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian, terimakasih, dan sampai jumpa.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Memahami Kecepatan Transfer Data"

makasih pemahamannya gan.

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Ya, sama-sama.
Mohon maaf, tidak.

~Terimakasih atas kunjungannya~ :)

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger