Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Etika Menggunakan Internet

Etika Menggunakan Internet


Internet merupakan suatu media yang memberikan informasi dan komunikasi kepada orang banyak. Dengan informasi-informasi yang diberikan internet tersebut tentu ada baik dan buruknya. Makin hari, perkembangan internet semakin bertambah pesat hingga menembus ke seluruh pelosok terpencil dunia. Dengan hal seperti ini, membuat orang makin mudah mengakses internet kapan saja dan di mana saja. Namun, sepertinya hal ini malah membuat orang seenaknya dalam menggunakan layanan internet. Bagi orang yang baru saja mengenal dunia internet tentu belum tahu betul cara menggunakan internet dengan baik dan benar.

Sesuai dengan judul artikel saya di atas, kali ini saya akan mengulas artikel mengenai etika penggunaan internet. Oke, daripada kelamaan, silahkan simak uraian berikut.






Etika Penggunaan Internet


A. Dalam Hal Posting

1. Tata Bahasa
Gunakan tata bahasa yang baik dan benar. Bahasa yang baik dan benar tersebut antara lain, seperti bahasa yang santun. Intinya tidak menyinggung, menghina, menghujat, menyindir, dan menyinggung perasaan. Perlu diperhatikan, penggunaan huruf, angka, dan tanda baca setidaknya disesuaikan dengan EYD (untuk resmi). Hati-hati juga terhadap penggunaan huruf kapital. Namun, sekarang sudah banyak orang yang menyalahkangunakan penggunaan internet (tidak sesuai dengan etika yang benar).


2. Pembagian Post
Bagikan post sesuai tempatnya. Jika mengandung hal-hal yang bersifat pribadi dan tidak mau dilihat banyak orang, maka bisa membagikan post tersebut ke diri sendiri, jika isinya ditujukan kepada orang tertentu maka bisa dibagikan secara privasi dan ke grup/forum sosmed, dan jika ingin diketahui orang banyak secara umum, silahkan bisa di share ke publik. Namun, hati-hati juga saat membagikan post ke publik. Ya, yang jelas tentu ada resiko besarnya. Jangan sekali-kali menyebar berita palsu atau hoax, karena melanggar undang-undang ITE, dan bisa dikenai sanksi. Jangan menipu orang juga saat membagikan posting, karena nanti akan dapat sanksi juga dari berbagai pihak. Namun, sekarang semenjak ada undang-undang kebebasan pers, orang menjadi makin seenaknya saja dalam membagikan posting.




B. Dalam Hal Berkomentar 

1. Berkomentar Sesuai Situasi dan Kondisi 
Berkomentarlah dengan baik dan benar. Berkomentarlah sesuai tempatnya. Gunakan tata cara berkomentar yang baik dengan melihat kondisi topik yang dikomentari. Saat berkomentar, usahakan jangan berkomentar yang OOT (Out of Topic), yaitu keluar dari tema atau topik dari posting.

2. Tata Bahasa 
Gunakanlah tata bahasa yang baik. Gunakan tata bahasa menurut EYD jika ingin berkomentar secara formal. Anda juga bisa berkomentar dengan menggunakan bahasa selain bahasa baku, misalnya bahasa daerah, bahasa gaul, dan lain-lain asalkan bahasa komentar anda tidak mengandung unsur-unsur yang tidak mengenakkan, seperti menyindir, menghina, menghujat, menyinggung perasaan, berbau SARA, dan pornografi. Oh ya, seperti yang sudah saya katakan pada poin A.1 (pada tata bahasa), hati-hatilah terhadap penggunaan huruf kapital saat menulis komentar. Lihat dulu situasi dan kondisinya. Karena penggunaan huruf kapital ini mempunyai aura tersendiri, yaitu dengan ciri khas yang kasar. Nah, maka hal tersebut perlu diperhatikan. Saat ini, sepertinya beberapa hal tersebut tidak dipahami secara serius oleh pengguna internet.




C. Dalam Hal Kejahatan

Sebaiknya janganlah berbuat kejahatan dalam menggunakan internet. Karena dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Adapaun, etika menggunakan internet dalam hal kejahatan adalah untuk tidak melakukan hal-hal, seperti :

1. Spoofing : Penyusupan dengan memalsukan identitas pengguna sehingga seseorang dapat masuk ke jaringan internet secara ilegal.
2. Scanner : Menggunakan program-program otomatis yang bisa mengetahui kelemahan sistem keamanan jaringan internet.
3. Sniffer : Menggunakan program sebagai penganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan internet.
4. Password Cracker : Menggunakan program yang bisa membuka password yang telah dikodekan. Program tersebut ada yang bisa menghancurkan sistem keamanan password.












Demikianlah artikel mengenai 'Etika Penggunaan Internet' yang dapat saya sampaikan. Dengan membaca artikel ini, tentu wawasan pengetahuan anda bertambah dan pemahaman dalam penggunaan internet yang anda ketahui juga bertambah. Mohon maaf bila terdapat banyak kekurangan dalam penulisan artikel ini. Mohon maaf, anda tidak diperbolehkan mengcopy-paste artikel ini. Sebelum kabur, tinggalkan jejak anda dengan berkomentar dan membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media dengan mengeklik tombol sosmed di bawah postingan ini. Lihat koleksi artikel lainnya milik blog Multimedia Teknologi. Nantikan juga update artikel terbaru dari blog Multimedia Teknologi. Sekian dan terimakasih.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Etika Menggunakan Internet"

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger