Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Tips Menghemat Baterai Smartphone

Tips Menghemat Baterai Smartphone


Banyak sekali orang di seluruh dunia yang menggunakan smartphone atau ponsel pintar dan banyak orang juga di seluruh dunia yang mengeluh karena baterai smartphone cepat habis atau boros, (termasuk saya sendiri). Mengapa hal itu bisa terjadi? Tentu dibalik borosnya baterai smartphone pasti ada sebab-sebabnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya kesalahan dalam men-charge baterai, pengaturan tingkat kecerahan layar, tidak sign out atau log out dari fitur-fitur aplikasi yang telah digunakan, dan lain sebagainya. Untuk itu, disini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi baterai smartphone yang boros. Nah, cara jitu yang bisa dilakukan adalah dengan menghemat daya baterai smartphone itu sendiri. Tentunya anda semua pasti menginginkan agar baterai smartphone anda bisa awet dan tahan lama. Karena awetnya baterai smartphone merupakan kenyamanan tersendiri bagi para penggunanya. Oke, langsung saja simak dan lakukan tips di bawah ini.



Tips Menghemat Baterai Smartphone 


1. Dalam Hal Charging Baterai
Ada baiknya jika anda memerhatikan cara men-charge baterai smartphone yang baik dan benar agar awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak. Diantaranya :

  • Jangan terbiasa men-charge baterai saat baterai dalam keadaan kosong sama sekali.
  • Nonaktifkan ponsel terlebih dahulu sebelum di charge.
  • Jangan men-charge baterai diatas tempat yang panas.
  • Disarankan menggunakan terminal listrik, jangan USB.
  • Jangan men-charge baterai berlama-lama dan sampai full atau penuh. Karena bisa mengakibatkan baterai panas dan menggembung. Sebaiknya copot charger ketika baterai telah terisi 90%-95%. 


2. Matikan WiFi dan HotSpot
Sebaiknya matikan WiFi dan HotSpot jika sedang tidak digunakan untuk mengakses internet. Anda bisa masuk ke mode "pesawat" yang otomatis bisa mematikan koneksi data seluler dan Bluetooth.


3. Matikan Bluetooth
Matikan Bluetooth jika sedang tidak digunakan untuk pertukaran data. Karena dengan mematikan Bluetooth bisa ikut menghemat baterai smartphone.


4. Matikan Fitur GPS
Matikan GPS jika sedang tidak digunakan seperti untuk mencari dan mengetahui lokasi tempat. Anda bisa mematikannya dengan cara mematikan fitur ini secara manual melalui Setting --> GPS --> Matikan. Dengan mematikan GPS, bisa ikut menghemat baterai smartphone.


5. Stop Sinkronisasi
Smartphone ber-OS Android, menyinkronisasi data dengan menggunakan akun Google. Fitur ini bisa menyedot baterai smartphone. Fitur ini juga bisa membuat "backup" secara otomatis. Anda bisa memberhentikan sinkronisasi untuk memastikan agar smartphone tidak secara konstan mem-backup macam-macam aplikasi dan hal-hal lainnya yang tidak anda inginkan untuk di backup. Anda bisa memberhentikan sinkronisasi melalui Setting --> Accounts.


6. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar
Turunkan tingkat kecerahan layar. Jangan menggunakan layar yang terlalu cerah karena selain bisa merusak mata, hal tersebut juga bisa menyedot daya baterai.


7. Turunkan Tingkat Volume Suara
Turunkan tingkat volume suara smartphone anda jika sedang tidak digunakan untuk mendengarkan musik, video, dan game. Karena dengan menurunkan tingkat volume suara, bisa menghemat penggunaan daya baterai smartphone.


8. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan
Pasang saja aplikasi-aplikasi yang penting dan bermanfaat. Bila ada aplikasi yang kurang/tidak bermanfaat dan dirasa sudah tidak perlu dibutuhkan lagi, anda bisa mencopot pemasangan aplikasi tersebut alias meng-uninstall. Jika ada banyak aplikasi-aplikasi yang terpasang di smartphone, apalagi jika ukuran aplikasi-aplikasi tersebut sangatlah besar, hal ini merupakan pemicu paling besar dalam sedot menyedot daya baterai, sehingga baterai akan cepat habis. Sebaiknya jika ada aplikasi yang tidak terlalu penting yang terpasang di smartphone anda, uninstall saja aplikasi tersebut. Caranya, pergi ke Pengaturan --> Aplikasi --> Kelola Apl --> Pilih aplikasi yang ingin dicopot --> Copot Pemasangan.


9.  Download Aplikasi Perawat dan Penghemat Baterai Smartphone
Anda bisa mendownload aplikasi untuk merawat dan menghemat daya baterai smartphone secara gratis maupun berbayar di Play Store, Market Store, App Store, dan sejenisnya. Setelah di download, install di smartphone anda. Kemudian jalankan aplikasi tersebut. Anda bisa mengutak-atik sendiri seperti melakukan perawatan baterai, pengaturan mode hemat daya, dan lain-lain.














Demikianlah artikel yang berjudul "Tips Menghemat Baterai Smartphone" yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga bermanfaat. Anda bisa mencoba dan menerapkannya di smartphone kesayangan anda. Ada yang mau menambahkan beberapa tips lagi tentang cara untuk menghemat baterai smartphone? Bila ada yang mau menambahkan, bisa disampaikan lewat komentar. Bila anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media yang letak tombol sosmednya ada dibawah postingan ini. Lihat artikel-artikel keren dan menarik lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian, terimakasih, dan sampai jumpa.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Menghemat Baterai Smartphone"

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger