Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

5 Fungsi Klik Scroll Mouse

5 Fungsi Klik Scroll Mouse


Sebagian besar dari anda mungkin banyak yang menggunakan mouse optik. Di mana ada 3 tombol mouse, yaitu 2 tombol seleksi (seleksi kiri dan seleksi kanan) dan 1 tombol scroll. Tombol scroll biasanya terletak diantara tombol kiri dan tombol kanan mouse. Jika kita mengeklik tombol scroll tersebut, maka ada beberapa fungsi yang bisa membantu kita dalam mengoperasikan komputer. Mungkin ini bisa dibilang rahasia, karena banyak sekali orang yang jarang mengetahui fungsi-fungsi dari klik scroll mouse ini. Kali ini, saya akan berbagi ilmu tentang beberapa fungsi klik scroll mouse, yang semoga bisa menambah pengetahuan anda. Ada 5 fungsi klik scroll mouse. Apa sajakah fungsi klik scroll mouse itu??? Untuk mengetahuinya, silahkan simak uraian berikut.




5 Fungsi Klik Scroll Mouse Komputer 


1. Scroll Otomatis pada Halaman 
Biasanya anda menggulung suatu halaman lembar kerja dokumen di Microsoft Office (misal Microsoft Word) atau halaman web/blog ke atas dan ke bawah dengan menggulirkan tombol scroll pada mouse. Tapi, selain menggunakan cara itu, anda bisa melakukan scrolling halaman secara otomatis yaitu dengan mengeklik tombol scroll, lalu geser sedikit ke bawah atau ke atas dan diamkan atau lepaskan tangan dari mouse, maka halaman akan scrolling sendiri secara otomatis. Jadi, anda tidak repot harus scroll satu satu ke bawah dan ke atas. Kalau isi halamannya banyak bisa capek kan?


2. Buka Link dengan New Tab
Mungkin anda semua jika mau membuka link dan menampilkan halaman web di tab baru yaitu dengan cara klik kanan mouse --> Open link in a new tab. Namun ada cara lain yang bisa anda lakukan saat membuka link dan menampilkannya di tab baru browser, yaitu dengan cara yang mudah dan cepat, cukup dengan klik link dengan menggunakan tombol scroll mouse. Maka secara otomatis halaman web akan dibuka dan ditampilkan di tab baru.


3. Menutup Tab Browser 
Jika pada fungsi kedua itu untuk membuka tab, di fungsi yang ketiga ini adalah untuk menutup tab. Kebanyakan dari anda jika mau menutup tab pada browser yaitu dengan cara mengeklik tombol close (X). Namun ada cara lain, yaitu dengan klik tombol scroll di area atau daerah tab. Maka, tab akan menutup dengan sendirinya.


4. Membuka Semua Link pada Folder Bookmark
Biasanya, jika anda mau membuka semua atau beberapa link di bookmark, anda harus mengeklik linknya satu persatu. Pasti repot sekali kan? Nah, ada cara lain yang bisa diandalkan, dimana cara ini mudah dan cepat sekali. Anda bisa melakukannya dengan cara mengelompokkan dulu link-link yang akan anda buka dan letakkan di folder bookmark baru. Untuk membuka link-link yang ada di folder tersebut, cukup dengan klik tombol scroll mouse, maka secara otomatis semua link-link di dalamanya akan terbuka di masing-masing tab browser. Namun sayangnya, cara ini hanya bisa digunakan pada browser Mozilla Firefox.


5. Zoom Halaman pada Browser
Di fungsi yang kelima atau terakhir ini, klik scroll mouse bisa digunakan untuk men-zoom halaman browser dengan mudah, baik zoom in (memperbesar) atau zoom out (memperkecil). Anda bisa melakukannya dengan cara menekan dan menahan tombol scroll pada mouse, lalu pada saat yang bersamaan, gulirkan tombol scroll mouse ke atas untuk memperbesar halaman dan ke bawah untuk memperkecil halaman.


Ayo! Coba kelima cara diatas dan rasakan manfaatnya!!! 













Sumber : http://alamtekno.blogspot.com dengan pengubahan.

Demikianlah artikel yang berjudul "Fungsi Klik Scroll Mouse Komputer" yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda. Tinggalkan jejak anda dengan berkomentar. Bila anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media yang letak tombol sosmednya ada dibawah postingan ini. Lihat artikel-artikel keren dan menarik lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian dan terimakasih. .
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "5 Fungsi Klik Scroll Mouse"

Fungsi scrool memang sangat mantab banget lah min. Thank you so much ya min hehehe

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger