Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Tips Aman Belanja Online

Tips Aman Belanja Online
Belanja online adalah suatu bentuk perdagangan menggunakan perangakat elektronik yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet. Banyak sekali nama-nama lain dari kegiatan tersebut, diantaranya : e-webshop, e-shop, e-toko, toko internet, web-store, toko online, dan toko virtual. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, kini membuat orang semakin mudah dalam melakukan berbagai hal, misalnya saja dengan belanja online. Banyak sekali nama-nama toko online, misalkan saja yang paling terkenal di Indonesia adalah OLX.co.id dan berniaga.com. Dengan serba online, belanja pun menjadi mudah dilakukan. Banyak sekali orang yang sudah berkecimpung dalam dunia belanja online. Namun,  tetap harus waspada dan berhati-hati saat melakukan transaksi dalam belanja online. Ada baiknya jika anda membaca tips-tips aman saat belanja online dibawah ini.





Tips Aman Belanja Online 


1. Riset Tempat Belanja Online 
Sebelumnya, anda harus tahu kepopuleran suatu situs yang akan anda belanja. Caranya, anda cari di mesin pencari tentang nama-nama situs online tersebut. Kemudian pilihlah beberapa situs yang paling terkenal dan mempunyai banyak pengunjung serta banyak komentar. Anda baca komentar-komentar tersebut, jika ada yang tidak beres, tinggalkan saja situs tersebut dan cari situs yang lain.


2.  Riset Penjual Barang 
Hal ini jangan sampai dilewatkan, karena penting sekali. Banyak sekali penjual-penjual barang yang tidak jujur alias curang. Jangan sampai anda salah melangkah. Sebaiknya, anda cari penjual yang benar-benar dapat dipercaya. Cari informasi mengenai data diri si penjual. Catat nomor HP atau telepon dan email jika ada. Sehingga, sewaktu-waktu bisa mudah untuk dihubungi.


3. Periksa Kondisi Suatu Barang
Anda harus jeli dan teliti dalam memeriksa kondisi suatu barang. Jangan mudah percaya terhadap kata-kata di dalam deskripsi barang tersebut. Banyak sekali penjual yang curang yaitu dengan mengolah kata-kata deskripsi yang tak sesuai dengan keadaan kondisi suatu barang yang mereka jual. Hal ini mereka lakukan demi lakunya suatu barang yang dijual. Jadi, anda harus benar-benar teliti, jangan sampai anda dibohongi dan salah memilih.


4. Perhatikan Harga 
Harga merupakan faktor terpenting dalam melakukan transaksi jual beli. Jadi, anda harus cermat dalam memilih harga. Jangan tertarik dengan harga-harga murah. Karena harga dapat menentukan kualitas suatu barang. Banyak sekali penjual yang menawarkan harga-harga murah untuk menarik minat pembeli. Hal ini dilakukan oleh penjual karena semata-mata ingin dagangannya laku. Saran saya, pilihlah harga yang standar dan wajar (sesuai dengan nilai suatu barang).


5. Simpan Tanda Bukti Transaksi
Simpan bukti transaksi jual beli. Salin juga percakapan antara pembeli dengan penjual, baik lewat email, SMS, dan sebagainya. Ini ditunjukkan kepada si penjual agar penjual mengirimkan barang pesanan anda.



Itulah beberapa tips-tips aman belanja online yang dapat saya bagikan. Ada yang mau menamabahkan? Bagi yang mau menambahkan beberapa tips dalam belanja online, silahkan bisa disampaikan lewat komentar. 










Sumber http://alamtekno.blogspot.com dengan pengubahan.

Demikianlah artikel yang berjudul "Tips Aman Belanja Online" yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda, khususnya di bidang jual beli online. Tinggalkan jejak anda dengan berkomentar. Bila anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Lihat artikel-artikel keren dan menarik lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Terimakasih atas perhatian anda.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Tips Aman Belanja Online"

Min kan sekarang ada yang nama nya polisi internet tapi kan yang nama nya polisi internet itu gak semua online shop menggunakan. Bagaimana cara nya kita tau ya online shop tersebut nipu atau enggak? Mohon informasi nya

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger