Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Chatting Via SMS ke Gmail

Chatting Via SMS ke Gmail

Chatting Via SMS ke Gmail


Seberapa seringkah kalian chat dengan seseorang dan dia tidak me-respon chat kalian karena dia sedang meninggalkan komputer? Kini user dapat tetap menjaga conversation agar terus berjalan walaupun orang yang diajak chat jauh dari komputer. Dengan fitur dari Gmail Labs, maka user dapat mengirim pesan text SMS langsung dari Gmail. Fitur tersebut mengombinasikan bagian terbaik dari IM dan text. User akan chat dari komputer dan temannya akan membalas chat hanya dengan sedikit sentuhan keyboard.

User hanya tinggal click "Settings" dan pilih tab "Labs". Scroll ke bawah hingga melihat "Messaging (SMS) in Chat" dan pilih "Enable" kemudian "Save Changes". Penelitian yang dilakukan Gmail Labs juga memudahkan pengguna Gmail di Amerika untuk mengirim pesan lewat ponsel, namun jika user ingin mengirim pesan teks ke teman, dapat menggunakan nomor telepon Amerika dari mana saja di seluruh dunia. User dapat mengetikkan nomor telepon ke search box di jendela chat bagian kiri, lalu pilih "Send SMS". User juga dapat memilih contact yang ingin dikirimi SMS untuk pertama kali dan kemudian menyimpan nomor telepon mereka di contact. Sekali user memberi nama untuk nomor telepon tersebut, maka user langsung dapat mulai chatting. Jika nama sudah tersimpan, user dapat memilih nama di contact, lalu menulis chat di chat box dan memilih Send SMS.

Ketika user menerima pesan teks dari Gmail di ponsel, maka akan tertampil pesan datang dari kode area 406. User dapat membalas teks via ponsel seperti menulis teks biasanya. Pesan balasan akan dirutekan kembali ke server Gmail dan akan tertampil di jendela chat Gmail teman user. Setiap pesan dari teman akan datang dari nomor area 406 yang berbeda, sehingga user dapat membalas pesan langsung menuju orang yang dituju. Pesan dari orang yang sama, akan selalu datang dari nomor yang sama sehingga user dapat melakukan bookmark di ponsel.

Jika user mendapat pesan dari seseorang yang tidak diinginkan chat dari ponsel, maka tinggal reply dengan kata "Block". Jika user tidak ingin mendapatkan teks dari siapa pun menggunakan Gmail, tinggal reply dengan kata "Stop". Pesan teks ini masuk dalam pesan mobile sehingga mungkin dikenakan biaya tambahan.



Sumber : http://isnotsofar.blogspot.com
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Chatting Via SMS ke Gmail"

Kalau untuk reply misalnya kan kebetulan kita lagi ad gmail cuma ga ada pulsa ya min nah apakah bisa di balik jika kita merubah txt pesan itu dari gmail ke sms? Mohon informasi nya ya min Thanks

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger