Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Cara Mudah Menghapus Virus Shortcut

Virus Shortcut


Virus shortcut atau virus rammit adalah virus komputer yang mampu menginfeksi file berfomat DLL dan EXE yang merupakan program atau berupa file system pada windows. Virus shortcut merupakan virus yang dapat menyembunyikan data-data. Biasanya virus shortcut sering menginfeksi pada komputer bersistem operasi windows XP. Virus shortcut juga sering menginfeksi flashdisk. Virus shortcut merupakan virus yang cepat masuk ke dalam sistem komputer jika keamanan anti virus komputer yang dimasukinya lemah. Dalam waktu sekejap saja, virus shortcut ini beraksi dengan menyembunyikan data-data yang ada di sistem komputer. Sehingga user komputer terkadang merasa kaget bahwa data-datanya telah hilang.

Ada banyak cara untuk menghapus atau menghilangkan virus shortcut ini, salah satunya adalah cara yang akan saya tutorialkan kali ini pada anda semua. Tutorial yang akan saya bagikan ini sederhana sekali, sehingga sangat mudah untuk dicoba. Berikut tutorial cara mudah menghapus virus shortcut.




1. Buka Run. Caranya : Klik Start --> All programs --> Accessories --> Run. Anda bisa juga menggunakan kombinasi tombol keyboard dengan menekan tombol Windows + R. Jika sudah, ketik CMD, lalu tekan Enter atau klik tombol OK. seperti gambar di bawah ini.

Run


2. Anda harus masuk pada drive komputer atau flashdisk anda yang terinfeksi virus shortcut. Misalnya yang terinfkesi pada Drive C, maka caranya : ketik C: lalu tekan enter. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar di bawah ini.

Drive C


3. Kemudian, ketikkan attrib -s -r -h /s /d lalu tekan Enter. Untuk lebih jelasnya, anda bisa lihat gambar di bawah ini.

attrib


4. Akan muncul lokasi file shortcut yang ditampilkan oleh CMD, seperti contoh gambar di bawah ini.

Lokasi File Shortcut


5. Langkah selanjutnya, pergi ke lokasi file shortcut yang dimaksud. Kemudian, anda hapus file atau folder yang masih shortcut, maka akan terhapus secara permanen. Kini, data atau file asli anda yang disembunyikan oleh virus shortcut akan muncul kembali.


6. Selesai.















Demikianlah artikel tutorial yang berjudul “Cara Mudah Menghapus Virus Shortcut” yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, khususnya bagi yang sedang membutuhkan. Bila ada pertanyaan, masukan, kritik, maupun saran, bisa disampaikan lewat komentar. Sudah mampir, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Lihat artikel-artikel lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Terimakasih atas perhatian anda.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Mudah Menghapus Virus Shortcut"

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger