Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer


Internet merupakan suatu media yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat di dunia. Agar sebuah komputer dapat mengakses internet, maka komputer tersebut harus tersambung dengan jaringan internet yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP). Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Berikut ini akan disampaikan materi tentang pengertian dan manfaat jaringan komputer.




Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer, atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan, bahkan jutaan node.




Manfaat Jaringan Komputer

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari jaringan komputer, antara lain :

1. Resource Sharing
Resource sharing yaitu penggunaan sumber daya yang ada secara bersama-sama. Misalnya, seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, ia tidak akan mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.

2. Reliabilitas Tinggi
Dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan, Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga, atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin lain dapat digunakan.

3. Menghemat Uang
Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan komputer, satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan. Dengan demikian, jaringan komputer yang dibangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.

4. Sarana Komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi. Misalnya, ketika memberikan pengumuman rapat, pimpinan perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada semua stafnya. Pimpinan perusahaan cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.












Sumber : Buku paket TIK kelas 9 SMP dengan pengubahan seperlunya.


Demikianlah artikel pembelajaran mengenai "Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer" yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel pembelajaran ini bisa bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan. Bila ada pertanyaan, masukan, kritik, dan saran, bisa anda tanyakan lewat komentar atau buku tamu yang tersedia. Bila anda suka dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Lihat koleksi artikel lainnya milik blog Multimedia Teknologi. Sekian dan terimakasih.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer"

mantab gan, salam kenal ya, jangan lupa mampir ke www.meteritkj.com

Ya. Terima kasih sudah mampir di blog ini.

Mohon informasi nya ya min bagaimana cara agar resource sharing itu berjalan dengan lancar dan sesuai?

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger