Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Trik Ampuh Mempercepat Koneksi Modem Smartfren

Trik Ampuh Mempercepat Koneksi Modem Smartfren


Slogan smartfren yang berbunyi "Jaringan Anti Lelet!", memang menarik minat banyak orang untuk menggunakan layanan smartfren. Namun, ada banyak dari mereka yang kecewa dan kesal terhadap layanan koneksi internet yang diberikan smartfren. Mereka kecewa karena ternyata slogannya kadang tidak sesuai dengan kenyataan. Banyak teman-teman saya yang mengeluh dan bilang kalau smartfren itu lemot atau lelet. Tapi, saya sendiri pengguna setia smartfren tidak dikecewakan tuh. Nyatanya, koneksi internet smartfren saya sangat ngebut sekali.

Nah, belajar dari pengalaman teman-teman saya, akhirnya saya punya ide untuk mengoptimalkan kecepatan internet smartfren. Saya telah mencoba berbagai hal dasar untuk mempercepat koneksi internet smartfren pada modem, namun hasilnya tetap saja kurang memuaskan.

Saya terus mencari tutorial ampuh mempercepat koneksi internet pada modem smartfren. Hingga akhirnya saya menemukan ide untuk mempercepat koneksi internet terutama pada modem smartfren. Namun, sebelumnya saya tahu, kenapa smartfren begitu lemotnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan koneksi internet smartfren yang saya tahu, diantaranya :


1. Lokasi. Jelas sekali lokasi. Karena smartfren sendiri menggunakan teknologi EVDO, dimana teknologi tersebut mempunyai area jangakauan yang terbatas.

2. Merk, jenis dan tipe modem yang digunakan. Saya telah membandingkan antara modem smartfren saya dengan modem smartfren saudara saya. Ternyata segi merk, jenis, dan tipe modem ikut mempengaruhi kecepatan akses internet.

3. Paket internet yang digunakan. Ada paket unlimited, paket volume/based, paket time/based, dan lain sebagainya. Nah, kecepatan akses internet tergantung dari pengguna memilih dan memakai jenis paket yang digunakan.

4. Teknologi akses internet yang melekat pada komputer atau laptop juga mempengaruhi kecepatan koneksi internet.

5. Banyaknya kuota dan besarnya bandwidth juga mempengaruhi kecepatan akses internet.

6. Jangkauan ke menara BTS. Jika menara BTS jauh dari jangkauan kita, maka kecepatan internetnya bisa jadi sangat lambat. Sebaliknya, jika kita dekat dengan menara BTS, maka kecepatan internet kita bisa sangat cepat.

7. Ternyata waktu juga sedikit mempengaruhi kecepatan internet. Setelah saya cek dengan speedtest.net disana menunjukkan perbedaan. Kecepatan internet saat siang hari sedikit lebih cepat dibandingkan kecepatan internet saat diakses pada malam hari. Namun, sepertinya hal ini kurang begitu akurat dalam penentuan perbedaan kecepatan internet.

Kecepatan Internet Saat Siang Hari 

Kecepatan Internet Saat Siang Hari

Kecepatan Internet Saat Malam Hari 

Kecepatan Internet Saat Malam Hari

8. Terakhir adalah cuaca. Nah, kalau ini mungkin sudah jelas berpengaruh sekali. Saya sudah berpengalaman dengan yang namanya cuaca. Saya coba tes kecepatan akses internet menggunakan speedtest.net, disana menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan ketika saya mengakses internet saat cuaca panas dan saat cuaca dingin atau hujan. Ternyata, kecepatan internet saat cuaca panas lebih cepat dibandingkan dengan saat cuaca dingin atau hujan.


Itulah beberapa hal yang saya tau mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan internet. Mungkin sebenarnya ada banyak lagi faktor-faktor yang lain. Nah, mungkin ada yang mau menambahkan? Kalau ada, sampaikan saja lewat komentar. Tapi nanti saja, kita bahas uraian berikutnya. 





Nah, sekarang kita sudah tahu berbagai faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Lalu, bagaimana cara mengatasi kecepatan internet modem smartfren yang lelet? Pertanyaan yang bagus. Sesuai dengan judul pada postingan ini, yaitu 'Trik Ampuh Mempercepat Koneksi Modem Smartfren' sudah jelas sekali pastinya bahwa pada kesempatan ini, saya akan berbagi berbagai trik untuk mendongkrak kecepatan akses internet modem smartfren. Saya mempunyai 5 trik yang dijamin ampuh. Apa sajakah trik-trik tersebut? Oke, langsung saja cobalah trik-trik mempercepat koneksi modem smartfren dari saya ini. Semoga tokcer!!! hehehehe.....







Trik Ampuh Mempercepat Koneksi Modem Smartfren



1. Bermainlah di Tempat Terbuka
Karena modem smartfren yang didasarkan pada teknologi EVDO membutuhkan banyak sinyal dimana sinyal tersebut memerlukan sirkulasi udara yang baik. Tempat-tempat terbuka tersebut diantaranya teras rumah, halaman rumah, taman, dan lain sebagainya. Kalau saya sendiri jika modem smartfrennya lemot, saya langsung pergi ke teras depan rumah saya. Nah, kali ini saya mengakses internet di kebun samping rumah nenek saya.


2. Gunakan Kabel USB Extender
Jika anda punya kabel USB extender, gunakanlah untuk menghubungkan modem smartfren dengan komputer atau laptop. Kata teman saya, hal ini sangat manjur sekali dalam mendongkrak kecepatan internet. Saya sendiri telah mencoba trik ini dan berhasil. Memang benar apa yang dikatakan teman saya, bahwa ternyata penggunaan kabel USB extender bisa mempercepat kecepatan internet modem smartfren. Kalau nggak percaya, coba aja sendiri.


3. Gunakanlah Antena Modem
Antena modem tersebut diantaranya seperti antena kaleng, wajan bolic, dan lain sebagainya. Arahkan antena modem ke menara BTS terdekat. Antena modem sangat mampu mendongkrak kecepatan akses internet. Karena seperti yang anda ketahui bahwa fungsi modem itu adalah untuk mengubah sinyal digital ke analog maupun sebaliknya. Nah, dengan memakai antena modem maka pengubahan sinyal baik digital maupun analog berjalan stabil dan optimal. Kalau saya sendiri sih pake antena kaleng modem USB. Jika anda ingin membuat antena modem USB dari kaleng tapi tidak tahu caranya, anda bisa lihat Tutorial Membuat Antena Kaleng Modem USB.

Antena Kaleng Modem USB




4. Lakukan Setting pada Modem Smartfren
Lakukanlah setting pada modem smartfren anda. Saya telah mencobanya sendiri dan memang benar-benar bisa meningkatkan kecepatan internet. Trik ini 70% ampuh meningkatkan kecepatan internet modem smartfren. Jika anda ingin menggunakan trik ini, lihat saja caranya di bawah ini.

Caranya :

1. Buka setting/pengaturan pada modem smartfren anda.
2. Ganti settingan smartfren anda seperti ini.

Name : smart3
Number :*98#
Username : cdma
Password : cdma


5. Setting Adaptor di Laptop Atau Komputer
Trik ini 100% ampuh mengatasi kecepatan internet smartfren yang lemot. Saya sudah menolong teman-teman saya dengan trik ini dan banyak dari mereka yang mengucapkan terimakasih pada saya atas trik ini. Mereka menyatakan kepuasannya dengan memakai trik ini. Trik ini bisa digunakan juga untuk modem lain, selain modem smartfren. Nah, anda bisa coba nih trik ini. Caranya mudah kok, silahkan anda ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

1. Sebelumnya, putuskan dulu sambungan internet modem smartfren anda.
2. Buka ikon system tray, kemudian arahkan pada ISP yang anda gunakan untuk mengakses internet, klik kanan, klik "Properties". Untuk lebih jelasnya, anda bisa lihat gambar di bawah ini.

Currently connected to


3. Akan muncul jendela ZTE Wireless Terminal Properties. Di tab General, klik "Configure". Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar di bawah ini.

ZTE Wireless Terminal Properties


4. Akan muncul jendela Modem Configuration. Silahkan samakan atau sesuaikan seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik "OK".

Modem Configuration


5. Silahkan sambungkan kembali modem smartfren anda. Sekarang lihat kecepatan internet anda. Pasti ngebut kan?


5. Gunakan Software Percepat Koneksi Modem
Pakailah software untuk mempercepat koneksi modem. Software untuk mempercepat koneksi internet modem khusus smartfren namanya adalah namebench. Dalam kerjanya, namebench membutuhkan DNS (Domain Name Server). Apa itu DNS (Domain Name Server)? DNS (Domain Name Server) adalah sistem yang dapat mengkonversi alamat web menjadi IP address. Dengan namebench ini, maka browsing internet menjadi cepat karena aplikasi ini memancarkan DNS untuk mengubah alamat web menjadi IP address, sehingga hubungan ke server menjadi lancar. Nah, dengan hubungan ke server yang lancar ini, maka mempengaruhi kecepatan internet yang sedang digunakan. Dengan memakai software ini tentu luar biasa sekali, karena bisa ikut andil mendongkrak kecepatan internet modem smartfren anda.

Bagi anda yang menginginkan software ini, anda bisa download namebench 1.3.1 di bawah ini.




Download Button

Adapun tutorial pemasangannya adalah sebagai berikut.


1. Klik Start --> cari dan buka Command Prompt --> Ketikkan "ipconfig/all" (tanpa tanda petik) di kotak Command Prompt --> Tekan Enter. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar di bawah ini.


Tuliskan ipconfig


2. Cari DNS PC anda. Jika sudah, copy kedua DNS tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa lihat gambar di bawah ini.

DNS Server


3. Jalankan aplikasi namebench yang sudah anda download. Akan muncul kotak dialog namebench. Klik "Extract". Untuk lebih jelasnya, anda bisa lihat gambar di bawah ini.

Extract namebench 1.3.1


4. Tunggu sebentar proses loading extractnya.

Tunggu proses loading extract files selesai



5. Silahkan lihat gambar di bawah ini.

Isi perintah yang ada


Keterangan :

a. Masukkan DNS yang sudah anda copy tadi ke dalam kotak Nameservers. Karena ada dua DNS, maka tiap DNS dipisah dengan tanda koma (,).
b. Jika anda tidak akan membandingkan kedua DNS, hapus tanda centang pada "Include global DNS providers (Google Public DNS, OpenDNS, UltraDNS, etc.) dan "Include best available regional DNS services".
c. Kosongi saja pada bagian "Include censorship checks" dan "Upload and share your anonymized results (help speed up the internet!)"
d. Pilih lokasi anda. Anda bisa memilih "(None)" atau "(Other)".
e. Pilih Query Data Source. Anda bisa memilih browser internet favorit anda.
f. Pilih "Fast" pada opsi Health Check Performance
g. Isikan "2" (tanpa tanda petik) pada kotak Number of queries.
h. Terakhir, klik "Start Benchmark".

6. Tunggu pengiriman data ke server. Jika sudah selesai, maka secara otomatis akan ada laporan dari namebench bahwa anda telah sukses mengoptimasi kecepatan internet modem smartfren dengan menggunakan software namebench. Disana menunjukkan beberapa laporan mengenai kecepatan internet modem smartfren anda.

Laporan dari namebench









Dengan mencoba trik-trik di atas, pasti kecepatan koneksi internet anda luar biasa meningkat drastis. Percayalah! Karena saya telah menolong teman-teman saya yang senasib seperti anda yaitu modem smartfrennya lelet.


Nah itulah 5 trik ampuh untuk mempercepat koneksi modem smartfren yang dapat saya bagikan. Sekarang, cobalah salah satu, sebagian, atau mungkin semua dari trik-trik di atas. Saya sudah mencoba keenam trik di atas. Nah, sekarang lihatlah grafik kecepatan internet modem smartfren saya di bawah ini.


Grafik Internet Sebelum Menggunakan 5 Trik 

Grafik Internet Sebelum Menggunakan 5 Trik


Grafik Internet Setelah Menggunakan 5 Trik

Grafik Internet Setelah Menggunakan 5 Trik


Dan akibat kecepatan internet yang dahsyat ini, sampe-sampe saja jadi begini, hehehehehe.

Akibat koneksi internet yang cepat

















Demikianlah artikel yang berjudul 'Trik Ampuh Mempercepat Koneksi Modem Smartfren' yang dapat saya sampaikan. Semoga trik-trik di atas bisa bermanfaat bagi anda-anda semua yang membutuhkan. Saya mohon maaf, bila masih banyak kekurangan dalam penulisan artikel ini. Bila ada pertanyaan, kritik, dan saran, tanyakan saja lewat komentar di kolom komentar yang sudah disediakan. Bila anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media yang letak tombol sosmednya ada di bagian bawah postingan ini. Mohon maaf, anda tidak diperbolehkan mengcopy-paste artikel ini. Lihat koleksi artikel yang tentunya keren dan menarik yang ada di blog ini. Terimakasih atas perhatiannya.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
5 Komentar untuk "Trik Ampuh Mempercepat Koneksi Modem Smartfren "

wajib dicoba nih.thanks sangat membantu

Weh, saking ngebutnya internet, si admin/penulis blog ini pake helm.
Wkwkwkwkwkwkkkk... ngakak gue gan... :D

Thank's for your share :-bd

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger