Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Cara Gunakan HP Android Sebagai Modem USB

Cara Gunakan HP Android Sebagai Modem USB


Kecanggihan smartphone memang tiada tara dibandingkan dengan kecanggihan gadget lainnya. Smartphone yang bersistem operasi android bisa dijadikan sebagai modem USB perangkat lain seperti komputer dan laptop. Hal ini memang kelebihan tersendiri yang dimiliki smartphone bersistem operasi android. Dengan fitur seperti ini, tentu akan membuat keberuntungan dan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya.

Memang hal ini sangat membantu penggunanya. Misalkan anda pergi ke suatu tempat dengan membawa laptop. Anda ingin menikmati internet lewat laptop, tapi anda tidak memiliki modem. Nah, kebetulan sekali anda punya smartphone yang bersistem operasi android. Anda bisa menyetting smartphone android anda sebagai modem USB laptop. Dengan hal ini anda tetap bisa menikmati internet dengan laptop tanpa modem. Hal ini akan sangat menguntungkan sekali.

Kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai 'Cara Gunakan HP Android Sebagai Modem USB'. Kali ini untuk tutorial, saya menggunakan laptop dan smartphone android jelly bean 4.1. Inti caranya tetap sama dengan smartphone android versi lain. Oke, langsung saja perhatikan dan coba ikuti tutorial di bawah ini.




Cara Gunakan HP Android Sebagai Modem USB



Adapun hal-hal yang harus disiapkan antara lain :

1. Smartphone bersistem operasi android.
2. Laptop atau komputer.
3. Kabel data khusus konektor antara smartphone dengan laptop atau komputer.
4. Pastikan layanan internet di smartphone anda aktif dan sisa kuota internet di smartphone android anda cukup.


Adapun tutorial caranya adalah sebagai berikut.

1. Sambungkan smartphone android anda dengan laptop atau komputer melalui kabel data.

Sambungkan smartphone android dengan laptop atau komputer


2. Buka float menu di smartphone. Akan ada pemberitahuan yang masuk di smartphone android anda yang mengkonfirmasikan smartphone anda telah tersambung ke aksesori USB. Sentuh "Sentuh untuk opsi USB lainnya". Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar di bawah ini.



3. Pilih pada opsi pemasangan driver.



4. Beralih ke laptop atau komputer. Akan muncul jendela AutoPlay. Sekarang install driver dari smartphone android anda yang masuk pada laptop atau komputer. (Kali ini, saya menggunakan Smartfren sebagai ISP-nya untuk tutorial ini). Install sampai selesai ya...


Instalasi Program Smartfren EG98 Driver

Instalasi Program Smartfren EG98 Driver_2

5. Selesai. Kini smartphone android anda telah menjadi modem USB. Anda pun langsung bisa mengakses internet.




Untuk membuktikan bahwa smartphone telah menjadi modem USB dan bisa langsung digunakan untuk mengakses internet, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka driver yang telah terpasang di laptop atau komputer anda. Kemudian klik "connect" atau "hubungkan". Cara lain, langsung saja buka browser dan browsing disana (jika secara otomatis telah tersambung internet).

2. Nah, sekarang anda sudah masuk layanan internet.
 


Bagaimana tutorial caranya? Mudah bukan? Silahkan anda coba sendiri ya....












Demikianlah artikel yang berjudul 'Cara Gunakan HP Android Sebagai Modem USB' yang dapat saya sampaikan. Ayo coba tutorial di atas! Semoga bermanfaat. Saya mohon maaf bila terdapat banyak kekurangan dalam penulisan artikel ini. Bila ada pertanyaan, anda bisa menanyakannya lewat komentar. Bila anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media yang letak tombol sosmednya ada di bagian bawah postingan ini. Mohon maaf, anda tidak diperbolehkan mengcopy-paste artikel ini. Lihat koleksi artikel yang keren dan menarik lainnya yang ada di blog ini. Sekian dan terimakasih.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Cara Gunakan HP Android Sebagai Modem USB"

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger