Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Istilah-istilah dalam Dunia Blogging

Istilah-istilah dalam Dunia Blogging


Pernahkah anda melihat atau mendengar tentang segelintir atau beberapa kata dalam dunia blogging? Jika anda baru kenal dengan blog pasti anda pernah melihat atau mendengar beberapa kata atau istilah-istilah dalam dunia blogging yang mungkin asing di mata atau telinga anda. Mungkin ada banyak kata-kata atau istilah dalam dunia blogging tersebut yang tidak anda ketahui arti dan maksudnya. Biasanya kata-kata yang sering umum ada dalam dunia blogging diantaranya, Advertiser, Adsense, Alexa, Atom, Backlink, Blog Walking, Chapta, Domain, Favicon, Header, HTML, Javascript, Keyword, Page Rank, PHP, Ping, RSS, SEO, dan SERP. Mungkin artikel saya kali ini bisa membantu anda dalam mengetahui arti dan maksud dari beberapa kata-kata atau istilah dalam dunia blogging. Sebenarnya, ada banyak daftar kata-kata dalam dunia blogging, yaitu sekitar 300 kata. Namun dari 300 kata tersebut, saya telah merangkumnya menjadi 36 kata saja, dimana kata-kata tersebut merupakan kata-kata yang paling umum. Adapun kata-kata dalam dunia blogging tersebut yang sudah saya rangkum, bisa anda lihat dibawah ini.




Daftar Kata dan Istilah Penting Dalam Dunia Blogging


Advertiser : Pedagang atau perusahaan yang beriklan barang atau jasa pada suatu situs.

Adsense : Jaringan periklanan online yang dimiliki oleh Google dan memberikan kesempatan kepada para blogger untuk melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual di web atau blog mereka.

Adwords : Adwords memungkinkan individu atau perusahaan untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan CPC (Cost Per Click).

Affiliate Marketing : Sebuah cara untuk mendapatkan uang dari internet di mana seorang pemilik program affiliasi memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi.

Alexa : Sebuah perusahaan online milik amazon.com yang memantau traffic semua situs yang ada di internet. Sistem ranking yang digunakan didasarkan pada data statistik dari toolbar browser pengguna internet.

Anchor Text : Teks yang digunakan di dalam backlink. Anchor text merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi posisi ranking sebuah situs web atau blog di hasil pencarian search engine.

Avatar : Representasi grafis yang berupa gambar manusia, binatang, dan obyek lainnya yang dapat dipilih untuk dunia chatting atau komunikasi digital lainnya.

Atom : Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS.

Blog : Suatu jenis situs yang isinya berupa artikel yang mencakup berbagai macam topik.

Blogger : Sebutan bagi orang yang memiliki blog. Blogger juga nama hosting blog gratis milik Google.

Backlink : Hyperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut pada halaman utama atau halaman lain dalam suatu web atau blog.

Blackchat : Menyembunyikan teks dibalik gambar atau menggunakan halaman doorway dengan redirect. Gabungan teknik SEO dan online marketing yang seringkali tidak etis dan bahkan kadang ilegal dengan tujuan tertentu.

Blogging : Aktivitas menulis sesuatu di dalam blog, baik berupa memposting artikel, berinteraksi dengan pengunjung blog, dan lain-lain.

Blog Walking : Sebuah kegiatan mengunjungi blog-blog lain, lalu meninggalkan jejak di setiap blog yang dikunjungi. Meninggalkan jejak yang dimaksud di sini, yaitu dengan mengomentari artikel, mem-follow blog, membagikan artikel, dan aktivitas lainnya.

Chaptcha : "Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Human Apart", yaitu sebuah gambar yang isinya kata atau huruf yang harus diketikkan untuk verifikasi. Selain berbentuk gambar, fitur chaptcha juga ada dalam bentuk suara.

Custom Domain : Nama domain pilihan yang bisa digunakan sebagai alternatif menggantikan nama blog. Kita bisa menggantikan alamat namablog.blogspot.com dengan namablog.com, net, info, web.id,  atau dengan nama domain lainnya.

Comments : Fitur yang terdapat dalam blog yang menjadi sebuah media percakapan langsung.

Domain : Nama situs web atau blog yang tercatat di dalam dunia internet. Contoh nama domain adalah google.com.

Favicon : Kependekan dari "Favorite Icon", adalah sebuah ikon yang diasosiasikan dengan logo sebuah situs web atau blog dan akan muncul pada bagian tab browser atau bagian bookmark.

HTML : Singkatan dari "Hypertext Markup Language", adalah standarisasi dari kode bahasa komputer yang merupakan sumber dari dokumen web.

Header : Bagian paling atas dari blog yang biasanya berupa gambar atau tulisan dari judul dan deskripsi blog.

Javascript : Bahasa pemrogramman yang sederhana untuk membuat interaktifitas pada halaman website atau blog.

Keyword : Suatu kata kunci penting dalam pencarian yang digunakan untuk mencari data di search engine.

Page Rank : Ranking sebuah halaman webiste atau blog yang diberikan oleh beberapa search engine, misalnya Google, Yahoo, Altavista, dan lain-lain.

Page Views : Pengunjung yang mengunjungi halaman pada suatu web atau blog.

PHP : Singkatan dari "Programming Hypertext Processor", adalah sebuah bahasa pemrogramman yang didesain untuk menciptakan halaman web yang bergerak.

Ping : Kependekan dari "Packet Internet Gopher", yang fungsinya memberitahu layanan-layanan yang berhubungan dengan blog, bahwa kita baru menambah atau meng-update konten blog kita.

RSS : Kependekan dari "Really Simple Syndication ", yaitu suatu format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah situs dan halaman situs yang diupdate secara berkala.

Spam : Merupakan tindakan yang membuat pesan secara massal atau terlalu berlebih sehingga menjadi seperti sampah.

SEO : "Search Engine Optimization", mencakup sejumlah aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan ranking sebuah situs di halaman hasil pencarian search engine.

SERP : Singkatan dari "Search Engine Results Page". Ketika anda mencari sebuah kata kunci melalui search engine Google, anda akan mendapatkan halaman 10 hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang anda cari. Itulah yang dimaksud dengan SERP.

Social Bookmarking : Situs yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan atau menyebarluaskan artikel dari internet.

Tag : Tag digunakan untuk mengklasifikasikan sebuah artikel ataupun konten dalam sebuah situs.

Word Press : Platform dan hosting blog gratis dari perusahaan automatic. Word Press sama seperti Blogger.














Sumber : alamtekno.blogspot.com dengan pengubahan.

Demikianlah artikel yang berjudul "Istilah-istilah dalam Dunia Blogging" yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, karena tentunya bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda, khususnya di dunia blogging. Istilah-istilah di atas masih terbilang sedikit jumlahnya. Mungkin ada yang mau menambahkan beberapa istilah-istilah dalam dunia blogging? Jika ada, sampaikan saja lewat komentar dan nanti akan saya cantumkan di dalam postingan ini. Oke sudah mampir, jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan berkomentar, memfollow blog, dan membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Lihat artikel-artikel menarik lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian, terimakasih, dan sampai jumpa.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Istilah-istilah dalam Dunia Blogging"

Berarti dalam internet marketing Anchor text dan backlink itu memiliki hubungan yang sama ya?

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger