Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Cara Membuat Anti Virus di Flashdisk

Cara Membuat Anti Virus di Flashdisk


Selain lewat software, virus bisa masuk lewat hardware salah satunya dengan melalui perangkat keras penyimpanan, salah satunya flashdisk. Bagaimana virus tersebut bisa masuk ke flashdisk? Begini nih, di komputer/laptop yang sebelumnya kita masuki flashdisk, komputer/laptop tersebut sudah tercemar dan mengandung virus. Virus tersebut bisa menggandakan diri dan menyebar ke seluruh bagian di komputer/laptop, termasuk dalam port input-output hardware. Salah satunya dalam port flashdisk. Di port flashdisk tersebut sudah tercemar virus, sehingga saat kita mau mencolokkan flashdisk di port tersebut (port yang sudah mengandung virus), maka dengan cepatnya virus masuk ke bagian penyimpanan flashdisk kita.

Memang saat flashdisk sudah kemasukan virus, pasti ada perintah dari software anti virus yag ada di komputer/laptop tersebut untuk melakukan scan virus. Namun, cara ini sepertinya kurang efektif. Di sini saya akan memberikan ilmu kepada kalian semua untuk memberi keamanan pada flashdisk, yaitu dengan memasang anti virus sederhana tapi dijamin ampuh untuk mengusir virus yang mau masuk pada flashdisk kita. Untuk itu, langsung saja simak uraian langkah-langkah dibawah ini.


1. Masukkan flashdisk di port USB komputer/laptop.
2. Buatlah sebuah folder baru di dalam flashdisk.
3. Beri nama folder tersebut dengan nama autorun.inf
4. Buka folder tersebut dan buat sebuah file .txt yang anda buat dari Notepad.
5. Klik tombol start dan ketikkan "Character Map" (tanpa tanda petik) di kotak pencarian search programs and files.

Buka Character Map




Setelah ketemu, buka aplikasi Character Map tersebut (seperti yang ditunjukkan pada gambar panah di atas).

6. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini

Tampilan Character Map



Pilih jenis font yang unik dan aneh, misalnya saja jenis font Arial Unicode MS, Lucida Sans Unicode, atau jenis font lainnya. Di sini saya menggunakan jenis font Lucida Sans Unicode. Pilih 5 karakter yang paling unik. Untuk memilih karakter tersebut yaitu dengan cara dobel klik mouse atau klik tombol Select.

7. Klik Tombol Copy untuk menyalin atau mengambil karakter tersebut.

8. Beri nama file tersebut dengan menekan tombol F2 dan pastekan karakter unik dan aneh tersebut untuk mengganti nama file Notepad yang sudah kita buat sebelumnya.

9. Sehingga nama filenya akan berubah menjadi bentuk kotak-kotak seperti gambar di bawah ini.


File Aneh


Keterangan : Nama file dari kode unik tersebut sangat ampuh untuk mengusir virus yang mau masuk ke dalam flashdisk kita karena virus sulit mengenalinya.














Demikianlah artikel yang berjudul "Cara Membuat Anti Virus di Flashdisk" yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Silahkan coba cara ini dan terapkan pada flashdisk kesayangan anda. Semoga bermanfaat. Sudah mampir, jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan berkomentar, memfollow blog ini, dan membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Lihat artikel-artikel keren dan menarik lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian, terimakasih, dan sampai jumpa.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Membuat Anti Virus di Flashdisk"

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger