Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Cara Amankan Akun Facebook dari Predator

Cara Amankan Akun Facebook dari Predator


Apakah anda punya akun Facebook? Pasti anda semua punya akun Facebook. Tapi, apakah anda sudah mengamankan dan mengantisipasi akun Facebook anda dari serangan predator alias hacker dan cracker? Berhati-hatilah jika mempunyai akun sosial media salah satunya Facebook, karena bisa terkena serangan hacker dan cracker. Hacker dan cracker inilah yang bisa memata-matai akun facebook kita dan cracker inilah yang bisa mencuri dan merusak akun Facebook kita.

Hmm....berbicara soal predator alias hacker dan cracker, pasti kita langsung beranggapan bahwa hacker dan cracker adalah orang yang jahat. Yup, hacker dan cracker memang jahat dan banyak dibenci oleh banyak orang karena tingkah lakunya yang sangat merugikan orang lain. Banyak orang yang geram dengan tingkah laku si hacker dan cracker ini. Hacker dan cracker tidak ada habisnya dalam berbuat masalah. Hacker dan cracker selalu punya cara untuk merugikan orang lain, salah satunya menyerang akun facebook. Banyak korban kecewa atas akun Facebook mereka yang dibobol hacker dan cracker. Mereka kecewa karena mereka kehilangan akun Facebook. Dengan hilangnya akun Facebook ini, maka secara tidak langsung mereka tidak bisa melihat pesan-pesan Facebook,  kehilangan teman-teman di Facebook, kehilangan pemberitahuan, kehilangan status, foto, peristiwa penting lainnya, dan masih banyak lagi lah pokoknya.

Baru-baru ini, pihak Facebook sudah memberi keamanan berlapis baja yang diberikan kepada penggunanya. Namun, ada pepatah "Tidak ada kata aman dalam jaringan internet". Hal itu menandakan bahwa seaman-amannya suatu akun di jaringan sosial, pasti akan bisa diserang. Pertanyaan saya, "Sudahkah anda mengamankan akun Facebook anda sendiri dari serangan predator? Jika belum, segeralah amankan akun Facebook anda. Jika anda ingin mengamankan akun Facebook anda dengan sangat aman, anda bisa lihat dan coba berbagai tips mengamankan akun facebook dari predator yang sudah saya tuliskan di bawah ini.






Cara Mengamankan Akun Facebook dari Predator



1. Selalu Rajin Buka Facebook
Sekurang-kurangnya 1 minggu sekali anda harus buka akun Facebook. Saya sarankan agar anda buka akun Facebook setiap hari, karena jika ada apa-apa, kita akan tetap siaga.


2. Pastikan Akun Email Anda Aktif
Dengan akun email yang aktif ini, tentu akan membantu kita saat terkena musibah. Misal ada seseorang mencoba masuk ke akun Facebook kita tanpa kita sadari, dan untungnya kita memberi pemberitahuan masuk akun facebook ke email kita yang masih aktif. Nah, dengan hal ini, maka kita langsung buka email dan halau si hacker masuk.


3. Gunakan Password yang Sulit Dibobol
Gunakanlah password yang agak panjang, rumit, namun mudah diingat. Jangan gunakan password yang sudah umum seperti menggunakan nama orang, tanggal lahir, dan tahun lahir. Karena dengan menggunakan password yang umum ini, memberi ruang gerak bebas si predator untuk menyusup ke akun Facebook. Jadi, sangat saya sarankan untuk menggunakan password yang agak panjang, rumit, dan mudah diingat. Contoh : misalnya saya akan membuat password dengan nama saya sendiri yaitu Muhammad Thomas Wildan. Kita boleh saja menggunakan password dengan nama kita, namun kita ubah penggunaan passwordnya secara rumit dengan menambahkan fungsi simbol, angka, dan karakter lainnya. Jadi, password Muhammad Thomas Wildan bisa diubah menjadi MUh@mM4d-tH0m@$_w!ld4n. Nah, dengan password yang rumit begitu bisa membuat hacker kesulitan untuk membobol akun Facebook kita.


4. Biasakan Selalu Sign Out Setelah Selesai Mengakses Facebook
Anda harus selalu sign out atau log out setiap selesai mengakses akun Facebook, entah itu di komputer pribadi, HP pribadi, apalagi di komputer umum misalnya di warnet. Saya akan memberikan 1 contoh, misal di warnet. Warnet itu sendiri kan, tempat mengakses internet melalui komputer umum, dimana tidak hanya satu orang saja yang mengaksesnya, melainkan banyak orang. Jika anda mengakses Facebook lewat komputer di warnet, jangan lupa setelah selesai menggunakannya, untuk sign out atau log out dari akun Facebook anda tersebut. Karena jika anda tidak sign out atau log out, kemungkinan besar akan ada orang yang akan menggunakan komputer setelah anda dan masuk ke Facebook anda. Nah, hal-hal sepele ini yang harus benar-benar diperhatikan.


5. Patuhi Segala Aturan dan Ketentuan yang Ditetapkan Facebook
Ada banyak aturan dan ketentuan dari pihak Facebook yang diberikan kepada penggunanya. Saya akan sebutkan beberapa bagian saja, yang benar-benar harus anda patuhi, diantaranya adalah sebagai berikut.

a. Gunakanlah Nama Akun Facebook dengan Nama Asli
Facebook sangat tidak suka dengan penggunanya yang membuat akun Facebook dengan nama samaran, palsu, atau yang aneh-aneh. Karena pihak Facebook akan menganggap itu sebagai spam atau sampah. Jadi, jika ada hal-hal darurat terhadap akun tersebut, Facebook tidak akan mengurusi dan tidak bertanggung jawab, karena sekali lagi Facebook menganggap akun tersebut sebagai spam atau sampah. Jadi, gunakanlah nama asli pada nama akun Facebook anda. Karena dengan hal ini, berarti anda telah menyetujui privasi dan kebijakan dari Facebook dan anda telah berpartisipasi menggunakan akun Facebook dengan baik dan bijak.

b. Gunakanlah Foto Asli Anda pada Foto Profil Facebook
Selain mudah dikenal oleh para pengguna di Facebook, dengan menggunakan foto profil asli ini akan membuat akun Facebook anda aman. Lho kok bisa? Silahkan pikirkan saja sendiri.

c. Hanya Tambahkan Teman yang Anda Kenal di Facebook
Berhati-hatilah saat meng-add friend di situs jejaring sosial Facebook. Karena kini telah banyak beredar berita tentang penculikan, pemerkosaan, dan pembunuhan akibat ngobrol dengan orang yang tidak dikenal di Facebook. Selain itu, meng-add friend orang yang tidak dikenal di Facebook, akan membuat akun kita tidak aman. Jika anda menambahkan atau mengkonfirmasi orang yang tidak dikenal di Facebook, mungkin orang tersebut adalah hacker dan cracker yang bisa mengobrak-abik akun Facebook anda. Teman saya sendiri adalah korbannya. Gara-gara dia mengkonformasi dan meng-add friend orang tak dikenal di Facebook, akun Facebook teman saya diblokir oleh hacker dan cracker. Nah mungkin hacker dan cracker itu adalah orang yang dijadikan atau dikonfirmasikan sebagai teman Facebook teman saya.

d. Bersikap Baik Terhadap Semua Fitur dan Layanan Facebook
Jangan sekali-kali membuat masalah di situs jejaring sosial ini. Misalnya mengupload foto yang tidak diizinkan Facebook, seperti foto bugil, foto sex, dan lain-lain. Jangan sembarangan menerbitkan status yang di dalamnya terdapat kata-kata tidak berkenan. Jangan sembarangan juga berkomentar di Facebook dimana kata-kata dalam komentar itu dapat membuat orang tersinggung, malu, marah dan sebagainya. Pokoknya anda harus tahu sendiri dalam bersikap bijak terhadap semua fitur dan layanan Facebook.


6. Pastikan Ada Anti Virus yang Aktif Saat Mengakses Facebook

Setiap anda mengakses Facebook, pastikan bahwa ada anti virus yang aktif. Hal ini berguna apabila tiba-tiba ada kesalahan saat mengakses Facebook, dan tanpa anda sadari ada adware, spyware, dan mallware yang masuk ke komputer, laptop, atau HP anda melalui kesalahan saat mengakses Facebook tersebut.


7. Optimasi Keamanan Lewat Fitur Pengaturan Facebook
Kita bisa mengamankan akun Facebook berlapis baja dengan memanfaatkan fitur keamanan yang diberikan Facebook. Apa sajakah fitur itu? Mari kita bahas satu per satu.

a. Menambah Pertanyaan Keamanan Akun Facebook

b. Mengaktifkan Jelajah Aman di Facebook
Agar lebih aman tiap kali kita menjelajah Facebook, kita ubah "http" menjadi "https".

c. Aktifkan Facebook Via Seluler
Pastikan anda punya HP yang bisa untuk internetan, salah satunya bisa untuk mengakses Facebook. Jadi begini, jika anda sedang pergi tidak membawa laptop atau komputer, dan anda hanya membawa HP. Saat itu anda sedang mengakses Facebook lewat HP dan pada saat yang bersamaan, ada seseorang mencoba masuk ke akun Facebook anda, nah anda pun tahu dengan hal tersebut. Anda pun langsung bisa menghalau seseorang yang mencoba masuk ke akun Facebook anda. Itulah keuntungannya mengaktifkan Facebook via seluler.

d. Aktifkan Pemberitahuan Masuk Akun Facebook Lewat Email/SMS
Saya sarankan agar anda memakai tips ini, karena saya punya pengalaman pribadi tentang akun Facebook saya yang di hack oleh orang. Jadi ceritanya begini nih, saat itu saya tidak punya kuota internet. Dengan tidak punya kuota internet tersebut membuat saya tidak bisa mengakses Facebook. Selama 1 minggu kuota internet saya masih 0 karena tidak saya isi. Kemudian suatu hari, tiba-tiba ponsel saya bergetar dan saya lihat ada sms masuk. Saya baca sms tersebut dan isinya bahwa ada sesorang yang mencoba masuk ke akun Facebook saya pada hari sekian, jam sekian, lewat browser sekian. Nah, tahu begini, saya langsung pinjam laptop kakak saya dan masuk ke akun Facebook saya. Saya ganti email dan passwordnya. Ah lega... Beruntung si hacker belum mengobrak-abrik akun Facebook saya dan untungnya saya aktifkan pemberitahuan keamanan lewat ponsel, jadi saya tahu siapa saja orang yang mengakses akun Facebook saya tanpa izin. Saya juga mengaktifkan pemberitahuan keamanan lewat email. Nah, jadi, sekali lagi saya sarankan agar anda mengaktifkan akun Facebook lewat email/sms.















Itulah beberapa tips dan trik untuk mengamankan akun Facebook dari predator yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf, bila terdapat kekurangan dalam penulisan artikel ini. Bila ada pertanyaan, masukan, kritik, dan saran, bisa disampaikan lewat komentar. Jika anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media yang letak tombol sosmednya ada di bagian bawah postingan ini. Mohon maaf, anda tidak diperbolehkan mengcopy-paste artikel ini. Lihat artikel-artikel keren dan menarik lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian dan terimakasih.
Share this article :
+
Previous
This is the oldest page
18 Komentar untuk "Cara Amankan Akun Facebook dari Predator"

info infonya sangat bermanfaat semua nih, thanks gan

siippp sobb... udah ane coba amankan .. :D

ane coba ya gan... sebelum kena duluan hehee...

thanks gan infonyya gan

weh membantu nih, supaya gk kena hack :D

sip sangat membantu.jadi aman nih akun.

sama-sama gan.

Terimakasih atas kunjungannya :)

jauhkan dari predator.

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Mohon maaf, tidak. Terima kasih atas kunjungannya :)

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger