Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Jenis Pelayanan Koneksi Internet

Jenis Pelayanan Koneksi Internet


Halo? Apa kabar pengunjung sekalian? Semoga baik-baik saja ya? Oke, kali ini saya akan menulis artikel mengenai beberapa jenis pelayanan koneksi internet. Materi ini merupakan materi pelajaran TIK kelas 9 SMP. Nah, saya tulis artikel ini dengan melihat sumber yang ada di buku paket TIK saya. Oke, langsung saja kita melangkah ke materi. Silahkan pelajari dengan baik materi yang akan saya sampaikan.





Jenis Pelayanan Koneksi Internet 


Jenis-jenis pelayanan koneksi internet yang disediakan ISP adalah sebagai berikut.

 a. Dial Up
Dial Up merupakan layanan yang disediakan untuk pengguna yang ingin mengakses internet melalui kabel telepon, yang didukung oleh modem.


b. Mobile Access
Mobile Access merupakan layanan untuk akses internet yang dapat pengguna dapatkan secara mudah dan praktis melalui telepon seluler. Layanan ini bermanfaat bagi yang memiliki perangkat telepon yang medukung teknologi ini, baik telepon seluler yang berbasis GSM maupun berbasis CDMA.


c. Hotspot
Hotspot merupakan layanan bagi pengguna yang membutuhkan koneksi internet pada lokasi-lokasi tertentu seperti di hotel, mall, cafe, bandara, bahkan sekolah pun bisa. Pelayanan hotspot sangat bermanfaat untuk orang yang bekerja di kota-kota besar.

Tampilan Pelayanan Wireless


d. Wireless
Wireless merupakan layanan internet yang menggunakan teknologi tanpa kabel. Layanan ini mempunyai keuntungan terkoneksinya komputer pengguna dengan jaringan global internet 24 jam dalam 7 hari seminggu. Selain itu, biaya yang ditagihkan hanya biaya koneksi internet saja, tidak dengan biaya telepon.


e. Leased Line 
Jaringan Dedicated atau sering disebut leased line adalah sebuah media komunikasi yang secara kontinu digunakan untuk menghubungkan titik-titik yang ingin berkomunikasi. Media komunikasi ini ditujukan untuk bekerja tanpa henti, tanpa dibagi oleh siapa pun, dan tanpa dapat dicampuri oleh data yang bukan milik penggunanya.

Biasanya media komunikasi Dedicated atau Leased line ini merupakan media komunikasi dengan kecepatan tinggi, kualitas nomor satu, dan tingkat reabilitas tinggi baik dalam menghantarkan data maupun dalam ketersediaannya (jarang bermasalah). Karena hanya satu orang yang menggunakan jalur ini, maka media ini sering disebut dengan istilah leased line atau jalur yang disewa. Hal inilah yang membuat harga dari media ini cukup mahal.

Koneksi jenis Leased line menawarkan bandwidth yang cukup bervariasi tergantung pada sejauh mana kebutuhan pengguna. Biasanya dimulai dari 64 Kbps hingga 2 Mbps. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi bandwidth, nilai tersebut bisa meningkat lagi.

Koneksi jenis ini sangat ideal digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang melakukan komunikasi data dalam volume yang cukup tinggi dan terus-menerus tanpa henti. Jika pola traffic data terputus-putus dan sering kali jalur komunikasi ini dalam keadaan kosong, maka menggunakan Leased line tidaklah menguntungkan karena ada ataupun tidak traffic data di dalamnya, pengguna harus tetap membayarnya.

Dedicated Leased line biasanya berupa koneksi tipe serial synchronous. Setiap ujung dari koneksi Leased line ini akan berakhir di interface serial Synchronous di sebuah router. Router tersebut akan terkoneksi ke Leased line ini melalui perantara sebuah perangkat yang disebut Channel Service Unit/Data Service Unit (CSU/DSU). Biasanya perangkat ini berupa sebuah modem Leased line.

Dengan demikian, setiap Leased line yang akan dipasang, harus disertai juga dengan sebuah modem dan interface synchronous pada router. Jadi, jika seseorang memiliki banyak koneksi leased line, maka ia membutuhkan banyak perangkat CSU/DSU atau modem, interface synchronous router, kabel penghubung antara modem dengan router, dan beberapa media leased line itu sendiri.

Namun jika karakteristik traffic data anda memang sangat padat penggunaannya, membutuhkan kualitas koneksi yang stabil, butuh kecepatan yang tinggi, dan tidak pernah terputus selama 24 jam, maka Leased line ini adalah jenis media yang paling cocok. Biasanya koneksi Leased line cukup rentan terhadap masalah. Namun, mencari sumber masalahnya relatif cukup mudah karena jalur-jalurnya dapat dengan jelas terdeteksi.

Koneksi Leased line yang telah lama dan digunakan adalah koneksi menggunakan kabel tembaga dengan sistem komunikasi synchronous serial. Namun belakangan ini, media sistem komunikasi Leased line juga sering menggunakan media kabel tembaga dengan sistem komunikasi DSL. Selain itu, teknologi cable modem juga sering kali digunakan untuk menghantarkan service dedicated ini.


f. VSAT
Saat ini dunia bergerak semakin cepat. Diiringi kemajuan teknologi yang pesat maka transaksi bisnis yang dulunya hanya terjadi di lokal/daerah, sekarang telah merambah antardaerah, antarpulau, bahkan antarnegara. Berbagai perusahaan telah memiliki fasilitas yang tersebar di seluruh Nusantara atau bahkan di seluruh dunia.

Di beberapa daerah, khususnya di luar Jawa seringkali infrastruktur baik Kabel Bawah Laut, Fiber Optic, Leased Line, maupun ADSL belum memadai bahkan tidak tersedia. Dengan demikian, satu-satunya yang paling efisien dalam rangka penyediaan bandwidth internet ke berbagai Remote Area adalah dengan media VSAT. VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah perangkat yang disebut sebagai 'Satellite Ground Station' dilengkapi dengan "Dish Antenna" untuk mengakses satelit dalam rangka melakukan relay data dari suatu terminal ke terminal lain (pada Konfigurasi Mesh) atau ke terminal induk/Hub (pada Konfigurasi Star).

Cara Kerja VSAT


Keunggulan penggunaan VSAT adalah sebagai berikut.
1) Pemasangannya cepat.
2) Jangkauan terjauh dapat mencapai setengah permukaan bumi.
Kekurangan penggunaan VSAT adalah sebagai berikut.
1)Koneksinya rentan terhadap gangguan cuaca (terhadap molekul air).
2) Memakan tempat, terutama untuk piringannya.















Itulah 'Jenis Pelayanan Koneksi Internet' yang dapat saya sampaikan. Silahkan pelajari betul-betul materi ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Bila ada pertanyaan bisa ditanyakan lewat komentar. Bila anda senang dengan artikel ini, anda bisa membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media, yang letak tombol sosmednya ada di bagian bawah postingan ini. Lihat artikel-artikel lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian dan terimakasih.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Jenis Pelayanan Koneksi Internet"

Mohon informasi nya ya min bagaimana cara untuk mengelola mbile access agar hemat? Mohon informasi nya ya Thanks

Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
dan jg nama besar Beliau
tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
Saya bilang saya terlantar disingapur
tidak ada ongkos pulang.
dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
setelah saya kirim biaya ritualnya.
beliau menyuruh saya untuk menunggu
sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

~~~Hub;~~~

Call: 0823 5329 5783

WhatsApp: +6282353295783

Yang Punya Room Trimakasih

----------

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger