Multimedia Teknologi

Blog Seputar Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Sejarah Singkat Lahirnya Internet

Sejarah Singkat Lahirnya Internet


Sejarah Singkat Lahirnya Internet - Setelah sebelumnya blog Multimedia Teknologi menerbitkan artikel Cara Setting Koneksi ke TelkomNet Instan, kali ini penulis blog menerbitkan artikel mengenai sejarah terciptanya internet. Pasti anda semua yang membaca artikel saya ini sudah banyak merasakan penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari. Internet memang membawa pengaruh yang begitu besar bagi kehidupan manusia di dunia ini. Dari anak-anak sampai orang tua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet. Dengan internet, hidup di dunia ini menjadi lebih bermakna. Karena internet sendiri mempunyai banyak keuntungan, seperti mudah, praktis, efisien, dan tentunya masih banyak lagi. Dengan hadirnya internet, maka kehidupan menjadi lebih berwarna.

Ternyata masih ada sebagian besar orang di dunia ini dan mungkin termasuk anda sendiri yang tidak tahu asal muasal terciptanya internet. Mungkin sudah bertahun-tahun menggunakan jasa dari internet, namun tidak mengerti sejarahnya. Nah, kali ini saya akan berbagi artikel yang semoga bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Kali ini akan saya sampaikan cuplikan artikel "Sejarah Singkat Lahirnya Internet". Jadi, saya sarankan bahwa anda harus tahu seluk beluk atau sejarah lahirnya internet. Artikel ini saya dapatkan sewaktu pelajaran TIK di sekolah saya dan saya merangkumnya dari buku paket TIK kelas 9 SMP.

Kali ini, saya hanya menampilkan artikel sejarah internet secara singkat saja. Mengapa secara singkat? Karena ada dua alasan. Pertama, karena sejarah internet itu panjang sekali ceritanya, jadi saya tulis singkat karena tujuan saya sendiri adalah agar anda lebih mudah mengerti dan memahami inti-inti uraian yang sudah saya tuliskan. Kedua, mengingat panjangnya cerita dari sejarah internet, hal tersebut tentu akan membuat saya capek. Ya benar capek nulisnya... hehehehehehe....

Oke, langsung saja bila anda sudah tidak sabar ingin mengetahui sejarah internet, silahkan baca uraian artikelnya di bawah ini.







Sejarah Singkat Lahirnya Internet


Amerika Serikat adalah negara pencetus jaringan internet. Pada tahun 1969, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), mengadakan riset tentang cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik yang dikenal dengan nama "ARPANET" (Advanced Research Projects Administration Network). Tahun 1970, sudah ada 10 komputer yang saling terhubung dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson menciptakan email untuk ARPANET. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London adalah komputer pertama di luar Amerika Serikat yang menjadi anggota ARPANET. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan newsgroup pertama yang diberi nama "USENET". Tahun 1981, France Telecom meluncurkan telepon televisi atau yang biasa dikenal dengan nama "video chat". Tahun 1982, dibentuk Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP) untuk mengidentifikasi komputer.

Setiap tahun, orang-orang dan perusahaan berlomba-lomba mengembangkan internet. Dua tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1984, dikenalkan sistem dengan nama DNS (Domain Name Server) dan komputer yang saling terhubung dengan jaringan sudah melebihi 1000 komputer. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia memperkenalkan Internet Relay Chat (IRC). Tahun 1990, Tim Berners Lee menemukan program penjelajah situs yang dikenal dengan nama "www" atau "World Wide Web".

Tahun 1992, jumlah komputer yang terhubung dan membentuk jaringan sudah melampaui sejuta dan di tahun yang sama diluncurkanlah Yahoo! dan Netscape Navigator 1.0. Kemudian beberapa tahun kemudian, muncul ide-ide dari para ahli teknologi untuk menyebut jaringan ini dengan nama "internet" yang merupakan singkatan dari 'Interconnected Network". Artinya adalah jaringan yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia.



Itulah cuplikan singkat mengenai sejarah lahirnya internet.....













Demikianlah artikel yang berjudul 'Sejarah Singkat Lahirnya Internet' yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan membaca artikel ini, wawasan pengetahuan anda menjadi bertambah. Saya mohon maaf bila masih ada banyak kekurangan dalam penyampaian artikel ini. Sudah mampir, jangan lupa untuk meninggalkan jejak di blog ini dengan berkomentar dan membagikan artikel ini ke macam-macam situs sosial media. Mohon maaf, anda tidak diperbolehkan mengcopy-paste artikel ini. Lihat artikel-artikel keren dan menarik lainnya yang ada di blog Multimedia Teknologi. Sekian, terimakasih, dan sampai jumpa.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sejarah Singkat Lahirnya Internet"

 
Copyright © 2014 Multimedia Teknologi - All Rights Reserved - DMCA
Powered by Blogger